Mba Debby:

Kalau saya boleh menyarankan, sebaiknya si kecil jangan dibiasakan pup di
pispot.
Kan dia sudah bisa duduk tuh? Nah.. gimana kalau langsung dilatih utk duduk
di closet dewasa. Kan ada tuh closet bayi  yg kita bisa beli di
supermarket2, yg bentuknya spt frame closet tapi kecil & bisa dipasang &
dilepas di atas closet dewasa. Dulu Dito sudah saya latih utk pup di atas
closet bayi itu sejak berumur 6 bln an. Meskipun dia blm mau pup, setiap
pagi hari kita jadwalin utk duduk di situ, lalu kita "pancing" spy dia pup.
Caranya kita mengeluarkan suara (maaf) mengedan "e-eekk, e-eek.... dst".
Biasanya ngga lama dia akan ikutan mengedan, dan bisa pup.
Pipis juga dia kita pancing2, caranya digendong, karena anak cowo, ya
dihadapkan di atas closet, lalu kasih sedikit air di "burung" nya, sambil
dipancing dg suara "sss.... sss... dst". Dia terus mau pipis. Anak cewe
lebih gampang lagi, didudukkan saja di closet bayi tadi.
Ngga lama kok, Alhamdulillah kira2 umur 11 bln dia sudah lepas pampers sama
sekali, bahkan ngga bisa pup/ pipis kalau pake pampers. Dia akan kasih kode
ke kita kalau pengin pup/ pipis.
Malemnya juga dia ngga pernah ngompol lagi, sampe sekarang.
Cuman, ada tapinya nih.. kekurangannya, dia agak susah kalo harus pup di wc
jongkok. Itu aja.

Utk diketahui saja, keponakan saya, karena dibiasakan didudukkan di pispot
bebek, sampe besar dia ke mana2 harus bawa pispot itu. Kan ngga lucu
jadinya.

OK? semoga bisa jadi masukan.

Salam Manis,
Ibunya Dito & Sekar