susunya apa mbak kemarin nanda begitu juga
ibunya nanda

-----Original Message-----
From:   Retno Adriani [SMTP:[EMAIL PROTECTED]]
Sent:   Thursday, September 20, 2001 8:27 AM
To:     [EMAIL PROTECTED]
Subject:        [balita-anda] URGENT:URGENT: BAB keras dan berdarah

** High Priority **

Dear all netters and doctors (kalau ada) ..

Sudah bbrp hari ini Qiya (8 bln 6 hr) susah sekali pupnya.
 Ada kalanya 1 kali dalam sehari itu lancar tapi kali
lainnya susaaaaaaah sampai ngeden2 (maaf ya ?) dan
keluarnya bulat dan sedikit.
pagi ini Qiya bangun sekitar jam 5, lalu minum susu dan
tidur lagi .. bangun jam 6:30.  Kira2 jam 7 pagi mulai dech
ngeden panjaaaaaaaang.  Dan baru sekitar 5 menit
kemudian keluar ujungnya,  kira-kira 2 cm. Setelah itu
kayaknya dia ngeden kesakitan .. dan baru keluar lagi
agak panjaaaang 3 menit kemudian.  Dan di akhirnya saya
lihat ada darah 1 tetes yang tidak terlalu merah.
Kelihatannya ini pembuluh darah yg pecah krn susahnya
pup.
Dokternya pernah bilang banyakin makan serat dan air
putih juga buah2an.
Pdhal sekarang ini setelah susah pup, Qiya makan buahnya
pepaya 2 kali dan jeruk sekali.  Selalu ada sayuran di nasi
timnya, dan selalu diakhiri dengan air putih 1 gelas.
Susunya kdg2 4 kali kdg2 5 kali 180 cc+ 6 sendok takar.
Plus 1 kali bubur susu dan 1 kali biskuit atau bubur
kacang.

Hari ini saya suruh Mbak-nya untuk kurangin takaran
susunya (diencerkan) . Tdnya 180 cc + 6 sendok takar
dikurangi 1 sendok, jadi 180 cc + 5 sendok takar dan
dikasih "selingan" tambahan   air putih.

Tepatkah cara yang saya lakukan (for emergency case) ..
krn saya kasihan lihat Qiya koq susah pupnya ?
Dan apakah saya harus membawa Qiya ke dokter untk
minta obat pelunak pup (ada nggak yang tanpa masukin ke
dubur ?)

Segitu dulu, terima kasih dan maaf kepanjangaaaaaan

*bunda Qiya

http://www.indokado.com/international/