Hallo, mau sedikit nambahin boleh yaa..

At 12:57 27/09/01 +0900, you wrote:
>Dilihat dari bentuknya, bentuk bundar memang kelihatan lebih stabil, karena
>gaya berat dari anak terbagi merata ke seluruh roda (stabil utk gaya dari
>atas). Tetapi, dari pengalaman dan pengamatan saya, apabila babywalker
>bundar ini menabrak sesuatu  (tembok misalnya) dari arah yg tidak tegak
>lurus (gaya dari samping), dia tidak mau langsung berhenti tapi tetap
>terdorong ke arah lain (istilah teknisnya, permukaan gesekan antara
>babywalker dg tembok relatif kecil, shg sisa vektor gayanya pindah ke arah
>lain) shg cenderung utk tidak stabil.

Bentuk bulat stabil dalam kondisi statis saja, untuk kondisi dinamis/
bergerak, justru paling rentan karena dapat dengan mudahnya bergeser. itu
salah satu sebab kenapa roda, katrol, dll bentuknya bulat, kali ya...

>Sebenarnya yg lebih penting lagi yg perlu diperhatikan adalah besar
>segiempat/bundaran bagian roda harus cukup besar dibandingkan bundaran
>tempat duduknya. Soalnya banyak juga babywalker yg bundaran atas dan
>bawahnya besarnya hampir sama, ygmana hal ini membuat babywalker menjadi
>sangat tidak stabil.

Bentuk yang besar di atas kecil di bawah memang lebih stabil secara geometri.
Tapi kalo pada B-W masalah utama justru terletak di rodanya. Roda membuat
benda ini menjadi tidak stabil karena cenderung bergerak terus.. jadi
sebenernya lebih berbahaya dibandingkan di tatah sendiri. Cuma emang enak
sih, kan jadinya kita gak terlalu repot ngurusin anak.

kalo di desa-desa konon belajar jalan itu pake batang banbu yang ditancep
dan bisa muter sendiri. Ini lebih stabil karena tidak berpindah, bambunya
namcep ke tanah terus lapis 2 bambunya bisa muter. Saya sendiri belum coba
sih, tapi secara teoritis, benda ini lebih stabil.

Kalo saya sih lebih suka anak di tatah sendiri, selain ada hubungan
emosionilnya, kita bisa langsung ngawasin sendiri bayi kita.

Konon kata temen saya (sumbernya gak tau pasti nih) orang di US dan Jepang
udah meninggalkan pake B-W dan kembali ke sistem konvensional.

salam,
Maknya Yanti