From: Anna Haris [mailto:[EMAIL PROTECTED]]
Sent: Monday, November 19, 2001 5:30 PM
To: [EMAIL PROTECTED]
Subject: RE: [balita-anda] susah makan

Pak Yanto Yth,

anak saya juga mengalami hal yang sama begitu menginjak 10 bulan..
padahal tadinya makannya banyak dan mudah sekali..
segala macam cara dan menu makanan sudah saya coba, tapi dia tetap mengunci
mulutnya rapat2..
saya sudah ganti sendok dan piringnya, supaya sama dengan apa yang kami
(orangtuanya) pakai,
pelan-pelan dia mulai mau, tapi tetap menolak bubur saring/nasi tim yang
kami buat,
sampai suatu hari melihat Ayahnya makan nasi,..dia menunjuk2 ke piring
ayahnya, saya coba suapkan (dengan tangan) rupanya dia mau, dan lumayan
banyak,... sekarang makanannya juga sudah mengikuti apa yang dimasak untuk
kami, bukan 'makanan khusus' buat dia... walaupun nggak sebanyak yang kami
harapkan, tapi paling tidak dia mau buka mulut sedikit2..

saya tanya dokter dan juga teman2, ternyata rata2 bayi seumur sekitar >9
bulan memang agak susah makan... ada teman yang bilang, nanti juga setelah 1
tahun nafsu makannya kembali lagi, dan alhamdulillah benar.. setelah ulang
tahun yang pertama seminggu yang lalu, porsi makannya sudah berubah jauuuh
sekali.... sekarang malah kita yang kelimpungan, abis maunya makan melulu..
hehehehhe..

ternyata menyuapi anak makan benar-benar membutuhkan kesabaran yang super
ya...

salam,

Inong Haris
http://www.inongharis.com