Bpk Boyke, Selamat atas kelahiran putranya,
memang benar, sebaiknya bayi hanya diberi ASI
sampai usia 4 bulan, kalau bisa sampai 6 bulan
karena makanan yg paling sesuai untuk bayi dan nggak bakal
bikin masalah dg perut bayi hanyalah ASI.
Tapi memang nggak mudah melaksanakannya
karena lingkungan kita banyak yg belum mendukung hal itu.
Bahkan di beberapa RS bersalin, biasanya bayi langsung diberikan
susu formula, tanpa perlu mengusahakan pemberian ASI.
Padahal kalau sudah kenal susu formula biasanya bayi
suka 'ogah' minum ASI, dan akibatnya produksi ASI jadi berkurang.

Dengan alasan masih lapar, biasanya bayi langsung diberi susu formula,
padahal Bayi adalah mahkluk yg paling pandai menyesuaikan diri.
Disaat ASI yg keluar masih sedikit bayi paling2 hanya rewel satu-dua hari,
setelah itu tubuhnya akan menyesuaikan diri dg keadaan.
Betul lho....saya pernah membuktikan sendiri sewaktu saya mulai
masuk kerja lagi. ASI yg saya peras di kantor tidak terlalu banyak,
(karena waktu itu saya belum pandai memeras ASI).
Anak saya memang gelisah sekali tapi saya tidak buru2 memberi susu formula,
dan benar, nggak lama, cuma dua hari saja dia gelisah.
Untuk selanjutnya saya yg terus mengusahakan ASI sebanyak mungkin.

Supaya bayi rajin menyusu langsung,
- Perhatikan posisi menyusuinya. posisi yg salah bisa membuat ASI yg
  keluar tdk maksimal dan bayi jadi malas menyusu.
  Pastikan areola masuk seluruhnya ke mulut bayi.
  Usahakan dada & perut bayi menempel pada perut Ibunya.
  Buat bayi merasa senyaman mungkin; dibelai, dinyanyikan, dll.
- Perbanyak lagi ASInya dg banyak makan sayur-sayuran dan
  minum susu atau jus buah.

maaf kepanjangan, semoga bermanfaat,
-sari-

http://www.indokado.com/