Ibu Diyang, maaf saya juga tidak mempunyai pengalaman yang sama dengan Ibu,
tapi saya membaca dari beberapa buku yang mungkin bisa saya sharing sbb:

"Pada kehamilan normal,  leher rahim (serviks) menutup sampai tibanya waktu
melahirkan. Bila leher rahim lemah dan mudah membuka, janin bisa keluar.
Inilah penyebab keguguran pada tiga bulan pertama kehamilan. Pencegahan
dilakukan dengan menutup jalan lahir dan menjahit sekeliling mulut rahim.
Jahitan ini akan dilepas pada akhir kehamilan atau bila persalinan mulai."

Dari yang saya baca, sepertinya semua buku menyebutkan bahwa penjahitan
adalah jalan keluarnya, tapi tentunya DSOG Anda lebih tahu. Bahkan di
babycenter.com disebutkan bahwa jikapun ada resiko pada saat penjahitan
serviks seperti pendarahan, infeksi, ataupun miscarriage, tapi resiko untuk
tidak melakukan penjahitan seringkali justru lebih besar. Tentang resiko ini
silakan disikusikan dengan DSOG Anda. Dari gambar-gambar dibuku, yang
dijahit itu adalah serviks/leher rahim/jalan lahir jadi yang ada di dalam,
bukan mulut vagina yang diluar. Bentuk jahitannya kurang lebih bila
digambarkan seperti tali pada tas serut (tahu kan? kalau tas serut itu kan
talinya dijahit keluar masuk di sekeliling tas lalu di"tarik" untuk
merapatkan supaya tas tertutup).

Kenapa jalan lahir ibu membuka? Di buku hanya menyebutkan karena serviks
yang lemah.. penyebab pastinya tidak tahu. Tapi di www.babycenter.com
disebutkan ada kemungkinan penyebabnya seprti ini : "Sometimes it's
difficult to pinpoint what may have caused this abnormality, although
exposure to the drug DES (used decades ago to prevent miscarriage and no
longer recommended for pregnant women), trauma to the cervix (rarely as a
result of procedures such as a cone biopsy, a surgical procedure used to
evaluate abnormal pap smears), and second trimester abortions have been
linked to the problem."

Dan dari penjelasan di atas tentunya masih besar kemungkinan Ibu dapat
melahirkan dengan normal, kan nanti kalau sudah waktunya melahirkan jalan
lahirnya dibuka lagi jahitannya.. alias dilepas "tali tas serut"nya.. jadi
ya bisa lahir normal.

Semoga sharing ini bermanfaat, dan kalau Ibu jadi dijahit serviksnya,
katanya sih sesudahnya sebaiknya istirahat yang banyak dan jangan melakukan
aktivitas-aktivitas berat. Kalau ibu mau baca artikel yang di website bisa
ke http://www.babycenter.com/expert/pregnancy/pregcomplications/4350.html

Daysi