From: "Diyang" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <[EMAIL PROTECTED]>
Sent: Monday, April 22, 2002 4:02 AM
Subject: [balita-anda] Jalan Lahir yg membuka

Selamat pagi rekan milist semua

Maaf sebelumnya bila mengganggu, saya sebenarnya sudah lama ikut milis ini
sebagai anggota pasif, tapi banyak sekali informasi yg berguna, sekarang
saya membutuhkan saran dari ibu / rekan yg punya pengalaman sama

Saat ini saya sedang hamil dengan usia kandungan ± 17 minggu, tgl 12 apr yg
lalu ada keluar sedikit flek flek darah, dan setelah dicek ke dokter bayi
dan plasentanya masih bagus, hanya jalan lahir pada rahim membuka sebesar ±
1 cm dan kepala bayi berada diposisi jalan lahir tsb, oleh dokter saya
diberikan obat Pregnolin & Prenamia, bila obat selesai dan jalan lahir masih
membuka, saya disarankan untuk menjahit jalan lahir (maaf istilah
kedokterannya saya tidak tahu dan kurang jelas mendengar pada saat dokter
menyebutnya, saya sangat gugup waktu itu)

Ini kehamilan yg kedua, yg pertama juga tidak berhasil, dikuret pada usia ±
3 bln,

Yg ingin saya tanyakan :
1. Apakah menjahit jalan lahir sudah bagus atau ada alternatif lain
2. Kenapa jalan lahir untuk bayi saya membuka
3. Bila jalan lahir dijahit, sewaktu melahirkan nanti apakah saya dapat
    melahirkan secara normal
4. dan saya sering mengalami susah buang air besar, apakah mengejan pada
saat buang air
    besar akan berpengaruh pada membesarnya bukaan jalan lahir.

Mohon sharing saran dari teman teman.
Terima kasih
Diyang