MamAin,

Memang butuh kesabaran kita untuk melatih anak spy
bisa ke toilet sendiri.
Sasha (skrg 23 bln) juga dulu begitu, dia paling gak
mau kalo didudukin di kloset...jadi ya sudah saya
biarkan saja dia pipis sambil berdiri, tapi
sekali-sekali dia mau juga. Selain itu saya juga
ajarin dia utk ngomong atau kasih isyarat kalo dia mau
ke belakang. Atau seperti yang MamAin lakukan juga,
mengajaknya ke toilet setiap 1 jam sekali.

Sekarang saya sudah tidak kesulitan lagi, karena dia
akan ngomong kalo mau buang air.

Salam,

Bunda Sasha