Miss Jan,
Setiap bulan secara manualnya (biasanya saya beri nama filenya lap0110.xls ...
yang menunujukan laporan bulan Januari 2010) saya harus merekap dalam kasus ini
ada 27 project (27 sheet) dengan adanya hasil macro dari Mr De Premor, Mr Kid
dan Mis Jan (merekap nama2 dlm workbook Jilid I).
Setiap tahun, secara manualnya saya akan membuat master file sebanyak 27
project (karena setiap bulannya ada 27 sheet)., misal nama filenya project A,
project B, Project C, Project D dstnya. Master Project A akan menampung sheet
project Adari bulan Jan s/d Des dengan cara mengcopy pastekan dari jan s/d des
ke Master Project A untuk master project A, begitu seterusnya sampai 27 project
yang ada.

Karena masing2 sheet yang ada setiap bulannya sama yaitu terdiri dari "Tanggal,
No.Voucher, Keterangan, Debet, Kredit dan Saldo" dan ditutup di akhir data
dengan baris "TOTAL".

Miss Jan, Mr De Premor dan Mr Kid & excellers, bisakah dibuatkan macronya
dengan ilustrasi tahapan manual kerja sbb :
1. sebanyak 12 file tsb kita buka (lap0110.xls s/d lap1210.xls).
2. satu file master kita buka untuk mengerjakan laporan setahun tsb, misal file
project A yang akan menampung sheet project A dari Jan s/d des 2010.
3. File Project A tsb juga akan memiliki item yang sama yaitu sbb "Tanggal,
No.Voucher, Keterangan, Debet, Kredit dan Saldo" dan ditutup di akhir data
dengan baris "TOTAL".
4. di file project A ini kita tanamkan macronya. Bagaimana mencopy pastekan
data sheet project A yang ada di file lap0110.xls s/d lap1210.xls tsb ke dalam
file project A tsb? Instruksi manualnya menurut saya :
a. Jalankan macro di file project A. proses kerjanya pertama macro tsb akan
mencari sheet project A di file lap0110.xls. Setelah dijumpainya, dia akan
menemukan item  "Tanggal, No.Voucher, Keterangan, Debet, Kredit dan Saldo" dan
turun satu baris bawahnya. disinilah posisi awal rangenya. Sedangkan batas
rangenya adalah mencari posisi di "keterangan" (yaitu colomn C) paling bawah.
sehingga akan didapatkan rangenya adalah A7..Fxx (Fxx adalah batas akhir dari
range). mungkin ada cara logika macra lainnya bisa saja.
b. setelah dilakukan copy paste untuk sheet A di file lap0110.xls tsb, maka
macro akan berjalan kembali untuk mengcopy pastekan sheet A di file lap0210 s/d
lap1210.xls. tentunya akan ditutup dengan baris TOTAL yang akan menjumlah
Debet, Kreditnya.
demikian teoritisnya, semoga para Mr dan Mis dan excellers dapat
mengekspresikannya dalam macro.
terima kasih.
ASL