Hai Jack,

imho,
Data dari berbagai nama dan berbagai tanggal dan berbagai cabang dan
berbagai keperluan asalkan kolom-kolomnya sama, sebaiknya disusun menjadi 1
sheet saja. Tambahkan sebuah kolom yang berisi nama-nama kodenya 1,2,3 dst
itu. Sepertinya data Anda tidak akan mencapai 1juta record dalam 3 bulan ke
depan.

Proses input dengan userform cukup menulis di baris baru di sebuah sheet
yang tetap.

Kemudian, buat sebuah proses untuk membentuk output. Misal ingin membuat
output per kode tertentu, atau per tanggal tertentu, dsb.
Dengan demikian, maka proses nya akan tampak simple, yaitu :
1. sebuah proses input data
2. sebuah lokasi penyimpanan data
3. sebuah proses untuk satu jenis output
    contoh : butuh 3 macam jenis output, yaitu per karyawan, per cabang,
per bulan
      > output menampilkan per kode karyawan (ada 15000 karayawan akan jadi
15000 sheet atau 15000 file Excel) cukup diselesaikan oleh 1 (SATU) buah
prosedur penyusun output_per_karyawan
      > output menampilkan summary per cabang (ada 125 cabang jadi 125
sheet atau 125 file Excel) cukup diselesaikan oleh 1 (SATU) buah prosedur
penyusun output_per_cabang
     > output menampilkan summary per bulan (ada 12 bulan jadi 12 sheet
atau 12 file Excel) cukup diselesaikan oleh 1 (SATU) buah prosedur penyusun
output_per_bulan

Jadi, untuk data yang di-input dengan 1 userform dan outputnya menjadi 3
jenis output seperti diatas, hanya butuh 4 prosedur saja. Jika pakai
userform, maka prosedur event dari setiap objectnya yang membuat ribet dan
terkesan banyak (ini sangat tergantung dengan keribetan Anda menyusun dan
menggunakan object controlnya). Tapi, tetap saja dari sekiun banyak
prosedur event dan semua prosedur itu, proses intinya hanya ada dalam 4
prosedur utama.

Maaf, kalau ide ini ternyata dipandang ribet atau membuat susah karena
harus mengubahnya.

Dengan data yang ada seperti sekarang ini, apakah tidak akan ada proses
summary terhadap semua atau sebagian sheet di semua atau sebagian record
per sheetnya ?
Jika ada, jika proses input data saja scriptnya sudah ruwet untuk disusun,
bagaimana script untuk output yang menuntut summary dari berbagai sheet dan
beberapa record per sheet ?

;)
tidak ada paksaan dalam programming

semoga sukses

[...]