sdr Agoeng,

  Selama saya belajar tentang filsafat dan sejarah china apa yang
saya tahu adalah cara berpikir orang china.Pada zaman dahulu mereka
memasuki suatu fase yang kini dimasuki fase orang amerika yaitu fase
discovery age atau masa dimana suatu negara atau daerah melakukan
penelitian untuk menemukan "Benda" baru seperti yang anda tuliskan
kompas,kertas,dinamit,dll.Tetapi ketahuilah bahwa China telah
melewati fase itu dan masuk ke fase yang baru dimana mereka hanya
mengembangkan alam pikirannya yaitu Mind Technology.Seperti yang
anda ketahui,ada Feng shui,ada Ba gua,ada Yin Yang,ini semua ada
kerna mereka para terpelajar dari China dulu dapat merumuskan segala
sesuatu yang tak terlihat bukan lagi yang dapat dilihat atau "Benda".
Dengan pengetahuanya dalam pikiran orang china biasanya lebih
bijaksana daripada orang barat,nah itulah yang tidak diketahui orang
barat bahwa teknologi tidak hanya sesuatu yang dapat dikonsumsi
secara nyata melainkan ada juga teknologi abstrak yaitu alam pikiran
ini dan ada lagi yang saya masih belum tahu yaitu bahwa orang China
dapat memahami mistisme dan alam2 dewa di sono dan benar2 dapat
mereka kontrol seolah alam itu hanya tetangga mereka ini hal yang
masih belu mdapat saya pahami.

sekian

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, agung setiawan
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> ya udah kalo gitu bahas masalah teknologi aja deh,
> kemaren ada chat dengan bebrapa org temen ( tionghua)
> yg pendidikan barat dan sekolah K. dia tanya org
> tionghua selalu menggunakan dan menuruti hong sui.
> tapi kenapa kok malah kalah ama US (barat)terutama
> dalam hal teknologi. nah saya ingin kita diskusi kira2
> perbandingan teknologi US ( barat) dan china( timur)
> yg g tau sih.
> org tionghua yg pertama nemuin, kertas, kompas,
> dinamit. nyatuin ukuran-ukuran perhitungan seperti
> berat, mata uang, panjang jalan dll. ada lagi????

> [...]

Clean water saves lives.  Help make water safe for our children.
http://us.click.yahoo.com/CHhStB/VREMAA/E2hLAA/BRUplB/TM