ZFy:> di meja saya sekarang ada sebuah judul, lumayan sebagai
pengantar, untuk mengenal secara umum Arsitektur Tiongkok
vernacular:  Chinese Vernacular Dwelling, oleh Shan Deqi, terbitan
China Intercontinental Press. atau versi bahasa aslinya : Zhongguo
Minju.

eddy: buku itu sangat bagus dan komprehensif, lumayan buat
pengantar. Hahaha saya udah punya juga karena saya khan tinggal di
Beijing. Buku itu adalah 1 dari sekian banyak seri (makanan,
pakaian, suku2 minoritas, opera, dll). Selain itu ada seri slide ttg
aneka ragam budaya Tionghoa (hehehe lihat di Beijing Foreign
Bookstore, Wangfujing). Kalau buku2 arsitektur China dalam bahasa
Mandarin ya buanyak banget, yg minggu lalu saya beli judulnya
Zhangzhou Tulou Jiemi (bahasa Inggrisnya kira2: Exposing the Secret
of Hakka Earthenhouse in Zhangzhou), terbitan Fujian Renmin
Chubanshe, Cetakan ke-2 Februari 2006, edisi perdananya Januari
2006). Ini buku ttg Tulou, bangunan khas masyarakat Hakka; yg paling
banyak diekspose tuh yg di Yongding (Prov. Fujian).

Bentuk bangunan bulat model flat ini nggak diterapkan oleh
masyarakat Hakka di Kal-Bar, Bangka, dan Belitung, tetapi konsep
dasarnya yg digunakan. Kalau di 3 daerah di Indonesia itu biasanya
satu massa bangunan panjang dibagi atas 7 jian (7 petak), masing2
petak jadi satu kediaman keluarga. Lalu ada ruang kosong seperti
gang kecil, baru kemudian satu massa bangunan panjang lagi yg
terbagi atas 7 jian. Tulou di Yongding ada beberapa macem, ada yg
massa bulat memanjang ke atas/vertical, ada pula yg round ke arah
horizontal. Kalau yg tulou vertical, biasanya space antara 2 deretan
itu biasanya untuk tangga naik ke lantai atasnya.

eddy

Yahoo! Groups gets a make over. See the new email design.
http://us.click.yahoo.com/XISQkA/lOaOAA/yQLSAA/BRUplB/TM