Kerusuhan Mey '98 adalah fakta sejarah bangsa
Indonesia.
Ada banyak fakta, ini di antaranya

Bangunan-bangunan yang dibakar mayoritas milik orang
tionghua.
Ada orang-orang yang dianiaya, bahkan dianiaya hingga
tewas.
Ada wanita-wanita yang diperkosa, wanita-wanita cantik
dan seksi, wanita-wanita yang cukup untuk
membangkitkan birahi.
Wanita-wanita malang itu, ada amoy, ada pembantu rumah
tangga amoy, ada yang mirip amoy.
Siapa yang berani memastikan bahwa wanita cantik dan
seksi yang tidak mirip amoy tidak jadi korban?
Ada orang-orang yang terpanggang hidup hidup di mall
dan supermarket.
Siapa yang berani memastikan bahwa orang-orang ini
layak dipanggang hidup hidup?
Mereka menjarah, namun siapa yang yang tahu alasan
mereka menjarah?
mungkin mereka sudah tidak makan teratur selama
berhari-hari dan berfikir dengan ikut menjarah,
keluarga dapat makan beberapa hari ke depan
Siapa pula yang berani memastikan bahwa di antara para
penjarah itu tidak ada amoi atau akeu?

Mengikuti jejak Kwik kian Gie, aku coba bermimpi
Sang Agung beriku anugrah sehingga kutahu siapa
melakukan apa pada bulan mey 1998

Ada yang merencanakan, mengerahkan
Ada yang melampiaskan dendam
Ada yang hanya ikut ikutan
ada yang lepas kendali spontan
ada yang muncul birahi begitu saja
ada yang memimpikan sex sejak lama

Waktu berlalu
ada yang bangga dengan tindakan mereka di mey '98
ada yang menyesal dan menanggung rasa bersalah
ada pula yang menyesal karena tidak ikutan beraksi

Sang Agung bertanya padaku,
apa yang hendak kau lakukan pada mereka?
Darahku mendidih, hatiku meradang
kukepalkan tinjuku tuk menyerang

Sang agung mengingatkan
dimana kau saat itu?
apa yang kau lakukan saat itu?
apa yang bisa kau lakukan saat itu, namun tidak kau
lakukan?
apa upah yang layak bagimu?

Aku memejamkan mata,
menatap nuraniku
mengenang Mey 1998

Aku ketakutan saat itu
berusaha menyelamatkan diri
terkepung di antara manusia khilaf
setelah itu berlalu
aku kehilangan nyali

Kalau aku berjalan,
mengelilingi Jakarta
sambil mendendangkan lagu

padamu negeri aku berjanji
padamu negeri aku berbakti
padamu negeri aku mengabdi
bagimu negeri jiwa raga kami

apa yang akan terjadi?

Atau kubujuk teman-teman
mempersenjatai diri
berkeliling Jakarta
membabat siapa saja yang dikuasai angkara murka
berapa banyak yang kan bergabung?

apa yang akan terjadi?

Atau bila ku jalan sendiri
membabat siapa saja yang durjana
berapa banyak yang tergugah
dan menemaniku?

apa yang terjadi?

Atau bertahun tahun seblum mey '98
aku berkeliling meneladani Mozi
berteriak teriak seantero negeri
"Kasihilah sesamamu manusia
seperti engkau mengasihi dirimu sendiri
di empat penjuru dunia
semuanya adalah saudara."

apakah mey hitam kelam 1998 tetap terjadi?

Termangu kumerenung,
mey hitam kelam 1998
orang-orang tionghua bersatu padu
tak ada yang pergi mengungsi
tak ada yang egois,
lari menyelamatkan diri sendiri
berdiri tegap bahu membahu
saling membela
wanita dan lelaki
yang dewasa dan anak anak

apa yang terjadi?

Mey hitam kelam 1998
adalah fakta sejarah bangsa Indonesia,
sudah terjadi
kenapa Sang Agung membiarkannya terjadi?
sedang DIA berkuasa tanpa lawan

Mey hitam kelam 1998
kalau saja aku sedikit lebih peduli
kalau saja aku sedikit memikirkan sesamaku
kalau saja aku beraksi
mungkin aku sekarang dapat berdiri tegak
menatap Tian, menatap sesama
dan berteriak
I do my best!

Mey hitam kelam 1998
setiap kali kuacungkan telunjukku
MENUDUH
tiga jari menuduh diri sendiri
satu jari yang trbesar
menuduh Tian

goho
hai hai

 a website is a piece of cake. Yahoo! Small Business gives you all the tools to
get online.
http://smallbusiness.yahoo.com/webhosting

Kirim email ke