Rekan Zhou,

Saya dapat memaklumi bila di forum umum, yang perlu dikemukakan,
adalah faktor2 yang secara umum menjadi penghambat. Ini tentu wajar.

Juga wajar bila di forum 'internal' kita lebih seimbang menyoroti
faktor penghambat dari eksternal dan internal masing2. Saya termasuk
'penganut' paham bahwa komunitas yang dewasa adalah komunitas yang mau
belajar dari kesalahan dan tidak henti melakukan otokritik. Komunitas
yang berusaha mendayagunakan internal circle of influence, bukan
menyalahkan (an sich) faktor eksternal.

Kembali ke kaitan dalam forum BT ini, saya pikir ini forum 'internal'.
Memang perlu menginformasikan penghambat dari luar, tetapi kan kurang
'dewasa' bila kita melemparkan seluruh kesalahan kepada 'orang luar'
sementara kita sendiri juga berkontribusi (besar) terhadap
kegagalan/keberhasilan tersebut. (Dan) karena ini adalah forum
internal, saya lebih menitikberatkan pada otokritik dan kesadaran diri.

Jadi kesimpulannya, bila saya boleh menawarkan, kurang lebih:
a. Rejim suharto, dalam batas-batas tertentu, mengakibatkan kondisi
yang kurang kondusif bagi 'perkembangan budaya tionghoa'.
b. (Tetapi) melemahnya 'budaya tionghoa' bukan merupakan kesalahan
rejim suharto an sich, melainkan juga ada peran (besar) dari bagaimana
komunitas tionghoa berdaya upaya utk 'menguatkan' budayanya.

salam,
jimmy

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "Skalaras" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Sdr Jimmy,
>
> Semua hal bisa ditinjau dari banyak segi,  ada kalanya kita perlu
memilih apa yang harus kita omongkan dan tekankan.

> Jika pendeta sedang bicara di gereja, yang ditekankan adalah
perbaikan moral umatnya, Jika pimpinan politik sedang bicara dng
rakyatnya, yang dibicarakan tentu maslah perbaikan sisitem.

> Seperti masalah belajar bahasa, Jika saya harus bicara ke "Orang
Perorang", yang saya tekankan bisa jadi seperti anda, mendorong mereka
untuk diam2 melawan, berusaha sekuat tenaga untuk belajar sendiri,
bisa juga menyalahkan para orang tua yang kurang keras berupaya!.
Tapi bila saya bicara di muka umum, saya justru harus mengkritik
keadaan yang mempersulit mereka, justru tak pantas menyalahkan mereka
yang telah ditimpa kesulitan. Jika di forum umum saya menyalahkan
mereka, kesannya saya justru membela orang yang mempersulit mereka.
Itu saja. Saya harap anda bisa mengerti hal ini.

> Salam,
> ZFy

Kirim email ke