Bung Ardian,

> hmmmmmmmmmmmm gini ya, ini ngkale gak ada urusan nasionalisme tapi
> dikit banyak ada satu hal yg bisa dibanggain oleh mrk getu lho.
> soalnye kenape ?
> lha tiongkok khan ancur2an dari jaman qing akhir ampe awal republik.
> kalu gak ada ancur2an dari ekonomi ame perang, mana ada seh org yg mo
> berbondong2 ke gunung emas alias jinshan or kerennye san fransisco ?
> fenomena gini khan mirip sekarang, banyak yg mo jadi tki diluar negri
> gara2 kondisi ekonomi RI yg masih belon bisa kasih kemakmuran merata.

understood. Maklum, saya lagi sensitif dengan segala macam 'euforia'
kebanggaan WN indonesia ras tionghoa atas kemajuan RRT. Bagi saya,
membaca berita RRT maju/mundur itu sama saja seperti berita negara
lain maju/mundur. Memang RRT adalah negara leluhur kita, and that's
all. Bangga akan RRt (atau negara lain) tetapi tidak membawa/memacu
kontribusi yg bersangkutan kepada negaranya sendiri (indonesia
misalnya), ya juga nggak baik kan. Ntar, kuatirnya, secara tidak
langsung, perilaku kita mengamini stigma 'hotel indonesia' bagi org2
tionghoa.

> Jgn suka nyinyir baca tulisan org doeloe dah, gw kutip lage satu
> tulisan sepuhan disini, "KEJUJURAN" jgn MENGGELAPKAN SEJARAH.
>
> Nah sekarang kejujuran lu gw tanya, bener gak taon 70an en 90an awal
> mayoritas org Kristen di Indonesia pandang budaya tenglang itu sesat?
>
> Jgn suka berkelit pake jurus sektenya banyaklah en bla bla bla
> Org Islam aja banyak yg ngutuk perilaku AMROZI cs kok soalnye
> memalukan mereka getu lho.

Kalau saya mengatakan sektenya banyak, itu bukan berkelit. Melainkan
menegaskan bahwa jawaban saya tidak sah dijadikan generalisasi. Tidak
sah juga menjadikan perilaku sekte lainnya sebagai pencerminan seluruh
populasi. Gitu lho bang.

Soal 70-90an gimana, well; saya tidak tahu juga. Saya percaya koko
Yesus aja baru 95-an. Dalam gereja saya tersebut (masih menggunakan
mandarin sebagai pengantar juga), tidak ada tuh kebencian terhadap
budaya tionghoa. Mereka (para jemaat) masih merayakan imlek, beberapa
juga masih ikut keluarga masing2 merayakan qingming, dll (paling
tidak, saya sendiri merasa tidak dilarang utk melaksanakan 'adat'
kebudayaan yg saya tahu). Yg saya rasa dilarang adalah melakukan
ritual sembahyangnya. (Dan) banyak sekali 'ritual kebudayaan tionghoa'
yg mungkin kental/berjalan seiring dengan ritual sembahyang (menurut
'agama tionghoa').

Jadi, menurut saya, musti dibedakan perilaku tidak setuju dengan
ritual sembahyang dan tidak setuju dengan ritual kebudayaan.

Masalahnya, (saya setuju dengan anda) mungkin banyak sekali pendeta yg
 salah memahami budaya tionghoa. (Dan) sayangnya, dengan pengetahuan
yg salah itu, mereka kemudian seenaknya khotbah sana-sini. Tidak
heran, banyak yg 'sakit hati'.

Tetapi jangan ditutup2i juga, banyak juga keluarga tionghoa yg
mencampuradukan antara ritual kebudayaan dan ritual agama. Sehingga
dalam pelaksanaan suatu budaya 'wajib' melakukan ritual
agama/kepercayaan tertentu. Bukankah demikian?

Nah sebenarnya benturannya, menurutku lho ya, ada pada interaksi
antara ritual 'agama/kepercayaan tionghoa' dan ritual agama lainnya.

Menurut anda gimana bung?

> hmmmmmmmmm tau gak salah satu peran penting org arab itu bukan tjoema
> tulisan buat org bule ?
> kertas tuh salah satu contohnye ama mesiu trus navigasi arab.
> belon lage pemikir2 arab yg belajar ame dalemin pemikiran org2 yunani.
> so sebenernya arab jg berkembang waktu itoe ada pengaruh 2 budaya ,
> satu budaya Tiongkok ame budaya Yunani.
> En inget waktu itu di barat belon jaman renaisance , jg pikiran2 org
> yunani khan gak digali ame org barat.
> Contohnye aje DEMOS KRATOS toeh yg kalu gw pake bhs KHC ya TIAN MING

mesiu itu bukannya cina?

Saya sebut renaissance, karena bung ardian merujuk pada kebangkitan
org barat setelah jaman kegelapan (dark ages). Nah mana lagi kalo
bukan renaissance dan englightment yg menyusul kemudian?

Renaissance, yg saya ketahui, memang kental dipengaruhi pemikiran2
yunani klasik dan juga pengaruh pemikiran2 dari arab.

> LHA INI BUAT INGETIN banyak org2 kristen yg benci ame arab lho !!!
> FYI gw baru balik dari srby ketemuin keluarga abang angkat gw yg kalu
> mo gw bilang mah ampe dapet penghargaan dari paus.
> Gw nyengir ngeliat pandangan anak abang gw yg keliatan rada2 anti ame
> bau2 islam ampe gw jelasin tuh anak selama gw disana en abang gw jg
> ikut diskusi getu.

Yup. Inilah repotnya, terlalu banyak prejudice yg dicekokin kedalam
'doktrin kebenaran' masing2 agama. Sama lucunya saat melihat konflik
palestina-israel yg ditarik2 menjadi konflik islam-yahudi (atau sempat
menjadi islam-yahudi&kristen/katholik). Mungkin karena 'dendam' perang
salib :(.

> lagian jg bini gw agama kristen heuehehehehehehehe belon lagi kongsian
> gw jg bethany wekekekekekekekkeke

wah bos, bagi2 dong kangtouw-nya :p.

salam,
jimmy