Numpang nanya, ASTENG itu singkatan dari ASia TENGah ape ASia TENGgara?

----- Original Message -----
From: "ardian_c" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <budaya_tionghua@yahoogroups.com>
Sent: Thursday, 25 September, 2008 18:10
Subject: [budaya_tionghua] Re: Manusia Berhak Menjadi Ateis Sekalipun=>
Yongde

pak dipo2,

awalnya kita mesti liat sejarah panjang masing2 aliran yg ada di
Tiongkok sono plus jg ketegangan2 diantara aliran2 itu en biar gimana
gak ampe bacok2an paling debat2an.

Kira2 jaman Tang ama Song, (actually jaman dinasti Jin ama utara
selatan jg dah ada seh tapi gak meluas.) mulai ada sikap saling mau
belajar dan saling mengerti antar aliran yg ada. Yg dimaksud itu 3
aliran utama ya, biar Nestorian sama Mani sdh ada tapi pengaruhnya gak
kuat biar tetep ada pengaruhnya di sejarah.

Nah saat itu mrk ttp pegang label agama masing2, kayak misalnya Zhuxi
biar dia itu termasuk aliran Li di KHC jg dikenal sebagai neo
confuciusm, tapi dia tetep ada anjuran buat pengikut KHC itu
sembahyang dewa dapur dan dewa bumi. Nah itu khan pengaruhnya tetep
ada di sebagian kalangan org Chinese yg pengikut kepercayaan leluhurnya.

Kalu di Asteng ini unik, saya tekanin ASTENG soalnya fenomena samkaw
itu emang ada di ASTENG tapi baru di Indonesia yg jadi satu lembaga yg
dipeloporin sama Kwee TekHoay
(&#65315;&#65325;&#65321;&#65321;&#65335;&#65289;. Menurut saya keterkaitan
samkaw itu hanya dari sudut sejarah yg mana sejak jaman Song akhir
sudah mulai timbul dan secara merata sikap saling menghormati diantara
3 aliran ini. Tidak ada kaitan dgn Sanyi jiao yg dibentuk oleh Lin
ZhaoEn, bahkan kitab2nya mungkin tidak dikenal di kalangan Samkaw
Indonesia. Jg Lin ZhaoEn dipandang sebagai ketua aliran Sanyi, yg mana
di Indonesia tidak ada hal itu.
So menurut saya, Samkaw di Indonesia itu bertujuan menaungi semua org
Tionghoa yg berbeda kepercayaan menjadi satu dan salah satu alatnya
adalah kelenteng.
Sayangnya kelenteng or MIAO ini jadi rebutan antar agama.

Uniknya :
1.lintas Tri agama yg secara organisasi atau jg formal tdk mencakup
mereka. Kalaupun ada sebenernya sebagai undangan
2.bersifat community centre yg lebih luas dibanding yg ada di
Tiongkok, misalnya buat meredam ketegangan antar kelompok. Jgn kita
berpikir org2 Tionghoa di Indonesia itu gak kepecah2 antar etnis, ada
itu dan kadang pertarungan antar etnis khan tetep ada. Jadi masuknya
"dewa"2 itu nurut saya berfungsi meredam ketegangan antar sub etnis yg
bersifat kedaerahan or dialek di Indonesia ini.
3.Pengadopsian dewa2 or tokoh2 lokal seperti yg ada dan jg di Asia
Tenggara ini. Tokoh2 itu bisa berbentuk datuk or mbah.
Bahkan di Penang sendiri ada medium yg dimasuki datuk dan bergaya
seperti orang Melayu , jg di Singkawang jg sama. So ini artinya
kelenteng di Asia Tenggara mengalami transformasi yg berbeda dari asalnya.

Kemungkinan terjadinya perubahan ini :
1.komunitas yg berasal dari wilayah tertentu seperti misalnya Zhang
Zhou pasti membangun kelenteng yg sebagai tuan rumah adalah Kai Zhang
Shengwang, kemudian disitu marga bertindak pula, seperti misalnya
"dewa" marga Lin yg pasti memasukkan Tianshang Shenmu. Kemudian jg
pekerjaan memiliki peran.
Perlahan tapi pasti, dewa2 etnis2 lain bakalan diterima masuk menginat
fungsinya sebagai community centre.

2.tidak masuknya tokoh2 dari lembaga keagamaan Buddha Mahayana
Tiongkok maupun Tao dari sekte Quanzhen or Zhengyi.
&#65314;&#65352;&#65353;&#65355;&#65363;&#65365;&#12288;&#65314;&#65349;&#65358;&#65329;&#65353;&#65358;&#65351;&#12288;&#65363;&#65349;&#65353;&#65358;&#65351;&#65345;&#65364;&#12288;&#65363;&#65345;&#65369;&#65345;&#12288;&#65354;&#65351;&#12288;
&#65357;&#65345;&#65363;&#65365;&#65355;&#65358;&#65369;&#65345;&#12288;&#65360;&#65345;&#65348;&#65345;&#12288;&#65345;&#65355;&#65352;&#65353;&#65362;&#12288;&#65345;&#65346;&#65345;&#65348;&#12288;&#65355;&#65349;&#12288;&#65297;&#65305;&#12288;&#65348;&#65345;&#65358;&#12288;
&#65345;&#65367;&#65345;&#65356;&#12288;&#65345;&#65346;&#65345;&#65348;&#12288;&#65355;&#65349;&#12288;&#65298;&#65296;&#65294;Sedangkan

daoshi2 aliran Zhengyi
bersifat keluarga dan pewarisan ajaran yg mana perlu pengukuhan
kembali di Longhu shan, jarak dan biaya serta waktu tidak
memungkinkan. Quanzhen tidak begitu berkembang di selatan Tiongkok
pada masa itu, hanya baru diabad ke 20 inilah bisa berkembang pesat.
Hal2 ini membuat nilai2 kelenteng di Indonesia jadi pragmatis
mengental dan nilai2 filosofi kelenteng lenyap.
Saking parahnya, saya pernah melihat satu photo dari Medan yg bilang
itu pendeta KHC padahal dari atribut dan perlengkapan itu nunjukin
tosu aliran Zhengyi.

Buddhisme yg masuk jg kebanyakan berasal dari Theravada yg bukan
memiliki ciri khas Tiongkok shg sering ada benturan antara mrk dgn
bbrp kelenteng. Mahayana sendiri saya lihat kurang perhatian akan
kelenteng ini or jg karena ada masalah lain ? walahualam

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "dipodipo" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> [...]
> permulaan abad 20. Ada seorang tua disana yang masih mengetahui
> riwayat berdirinya. Menurut dia, ditempat tersebut dulu "angker"
> sehingga warga sekitar sering memberikan sesajen buat penunggunya.
> Lama kelamaan tempat tersebut di buat atap, nah jadilah klenteng.
> Sekarang dikelenteng tersebut terdapat berbagai macam patung dewa,
> termasuk Buddha.
>
> Apakah mungkin masyarakat perantau generasi awal membangun sistim
> kepercayaan sendiri, yang merupakan gabungan dari kepercayaan2 dari
> daratan Tiongkok dan kepercayaan lokal ?

unconnected with

> Zhu Xi
> came to
> is in