Masyaampun, kopi gue sampe kesembur gara-gara baca yang ini.

MASA LALU itu anaknya siapa sih? bikin salah apa sih, sampe mesti
dimaafkan segala?
"Sebelum bisa memaafkan masa lalu kita harus yakin bahwa masa lalu
memang buruk"
"selama masih ada yang meragukan keburukan masa lalu, saya merasa
wajib untuk meyakinkan mereka"

Ini sindrom model apa lagi? Kalau  Cinderella sendiri yang mengalami
nasib buruk, apakah harus memaksakan keburukan masa lalunya kepada
Mickey Mouse?? Lalu meyakinkan Mickey Mouse bahwa masa lalu itu
buruk, harus yakin, lalu maafkanlah.

YEEE, orang nggak kenape-kenape dipaksa-paksa suruh yakin, udah yakin
disuruh maafin. tuk tuk tuk, cra pikirnya gimane sih.

Mbok ya nggak usah memaksakan sakit hati sendiri kepada orang lain.
Masa lalu itu sudah berlalu kok, dan waktu itu berjalan ke depan,
enggak berjalan mundur. Itu baggage masa lalu nya ditinggalkan saja.

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, Fy Zhou <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Sungguh aneh, anda sering memberi nasehat untuk tak mengingat2
kegetiran Tionghoa masa lalu, padahal anda sendiri terus2 mengungkit
perlakuan negatif keluarga besar anda thd anda di masa lalu !? anda
juga tak bisa melupakan bukan ?
> ?
> Anda mungkin berdalih bahwa meski anda mengungkit tapi anda sudah
memaafkan.. Sebelum sampai ke hal? maaf memaafkan ini anda tentu s
udah yakini bahwa fakta negatif itu memang nyata bukan?
> ?
> Masalahnya memang disini : Sebelum kita bisa memaafkan masa lalu,
kita harus yakin masa lalu memang buruk! Karena ini bukan persoalan
yang menimpa pribadi tapi persoalan masyarakat, maka selama masih ada
orang yang meragukan keburukan masa lalu, saya merasa wajib untuk
meyakinkan mereka. Setelah orang sepakat dng fakta keburukan, baru
bisa memaafkan bukan ???
> ?
> Salam sejarah
> ZFy

Saya tidak tahu dan tidak perlu tahu apakah saya punya andil apapun
dalam keputusan yang akan diambil oleh Tuhan karena saya percaya
Tuhan mempertimbangkan segalanya.? Jadi mengapa berdoa ?. Ya karena
saya ingin dekat dengan Tuhan, dan doa saya bukan "deretan
permintaan" seperti yang anda bayangkan.? Kalau saya berdoa, adalah
karena saya ingin pasrah kepada Tuhan dan pertolongan Tuhan dan
berkali-kali hal ini terjadi dalam hidup saya.? Pertama ketika umur
12 tahun ayah saya meninggal, saya besar dalam lingkungan kakak
Tenglang tulen yang menyampingkan saya karena Ibu saya Jawa, saya
sekolah sambil bekerja sampai saat ini, kedua ketika sebagai pegawai
negeri saya di non jobkan karena Kristen dan keturunan Cina,
pertolongan Tuhan datang juga.? Anda tidak akan dapat mengerti karena
tidak merasakan, tetai bagi saya itu nyata.? Salam, Tantono

> 2008/10/8 als <[EMAIL PROTECTED] id>
>

> Jadi Anda berpikir bahwa doa Anda itu punya andil dalam keputusan
yang akan diambil oleh "Tuhan" Anda itu? Atau dengan kata lain apakah
Anda berpikir bahwa doa Anda itu bisa mempengaruhi "Tuhan" Anda? Nama
kecil saya Andy, sne saya Liem (hokkian). J
> ?
> Salam serius,
> als
> ?

diam ber'doa' kepada 'Tuhan' Anda agar PSSI bisa 'perform' dengan
sebaik-baiknya. Apakah "doa" minta-minta Anda ini ada pengaruhnya
sama sekali terhadap 'performance' PSSI? Tolong petromaksnya jangan
lupa diisi minyak dulu dan memompanya yang penuh ya! J

>  als
> Setelah saya berdoa, saya akan serahkan kepada Tuhan apa keputusan
Tuhan yang terbaik.? Jadi apakah PSSI akan perform sebaik-baiknya
atau tidak bukan urusan saya lagi.? Nah anda gak bayar saya kok minta
isi petromaks, minyak mahal tahu !.? Eh sebut nama dong, jangan als
doang.? Salam, Tan Lookay

> --
> Best regards, Tantono Subagyo

Kirim email ke