From: ardian_c <ardia...@yahoo.co.id>
Subject: [budaya_tionghua] Re: Chinese Black Magic
To: budaya_tionghua@yahoogroups.com
Date: Saturday, February 7, 2009, 11:28 AM

kebetulan owe punya bukunya yg masih dalam bahasa inggris, terbitan
tahun 1995, penerbitnya Eastern Dragon Press.

Diliat dari isinya ya gak sebanding ama bukunya Saso mbak.
apelage ame bukunye si Jean.

Ada kesalahan waktu denger kata zuodao &#24038;&#36947; yg di aliran Maoshan
&#33541;&#23665;
trus dianggep itulah ilmu kiri/sihir yg jahat.

Di bab 2 aja ada kesalahan hehehehehe, halaman 14 tuh, ditulis they
include the shamans of very early times, known as wu or hsi, lady
shamans were also known as chu. Wu &#24043;&#12288; itu shmana cowo, hsi/xi
&#35275; itu
shaman cewe. &#31069; zhu/chu itu cocoknya disebut prayer&#12289; pendoa kale
bukan
shaman lagian rata2 zhu itu cowo kok, gak percaya ? liat kamus
jiaguwen aje dah.

contohnya lage di halaman 24, The SaiKong
hehehehehehe itu kata dari sigong &#21496;&#20844; , bukan shigong
&#24072;&#20844; &#65292;itu
sebenernya pemimpin ritual Taoisme aliran Zheng Yi yg sekelas dengan
sebutan gaogong &#39640;&#21151; di Quanzhen. Selanjutnya keterangan tentang
saikong aje dah ngawur, emang aturan di ZhengYi yg namanya LU bisa
diwariskan.

contoh ne di buku ong versi inggris, halaman 186, yg tulisannya gede2
TALISMANS OF THE 6 CHIA SPIRITS yg dia kutip dari tulisannya si saso,
jelas2 di bukunya saso Taoist Master Chuang jelasin kalu org yg mau
invoke 6 jia spirits or kerennya &#20845;&#30002; &#31070;& #23558; mesti
berbuat baik bla bla (
hal.132 )
hehehehehehehe ngkale mesti org2 yg punya LU or JIe yg bisa jelasin
detail urusan pangmen zuodao &#26049;&#38376; &#24038;& #36947;.

BTW itu semua daftar pustakanya si ong gak ada yg mandarin, gimana mau
nulis BLACK MAGICnye CHINESE kalu gak pernah kecimpung di dunia black
magicnye chinese huehehehehehehehehe he.
Dari semua tulisannya yg si Ong tulis gak ada namanya FU/talisman yg
bau2 black magic or tujuan yg negatif, yg ada tjoema dari bukunya si Saso.
Dia bisa tulis Ling Bao segala macem, but gimana Hunya LINGBAO ?

Kayaknya si Ong mesti dibekelin buku FUZHOU QUANSHU neh yg isinye
macem2 jenis HU plus mantra dari yg funya buat yg bener ampe yg
katanya bisa buat melet cewe huehehehehehehehehe

Halaman 158, si ong tulis hou t'u & lo shu talismans&#65292; diagram
pergerakan Gua or BAGUA yg jelas2 arti kata TU itu ngacunya ke diagram
or mandala lar. Wong namanya BAGUA itu khan gambaran alam semesta
besar maupun kecil, kok disebut talismans yg kalu mandarinnya disebut
FU or LU.

Terus lagi soal 3 shen 7 po, hm dibuku Zhongguo Guishen dah ditulis
dari jaman doeloe aje disebut 3 HUN bukan 3 shen.
But bisa aje ada kesalahan, soalnye dipercaya dibadan itu ada 3 shi
shen &#19977;&#23608; &#31070; alias 3 dewa kematian hueheheheheh

secara umum dalam filsafat YinYangnya tenglang gak ada yg namanya
BLACK MAGIC an sich, yg ada itu gimana pikiran dan hati sipemake.
Semua yg ada didunia itu abu2, tinggal lu mo bikin item or putih getu.

Kalu mo ngomong GU &#34506; or jg chao ren &#33609;&#20154; ya itu bisa disebut
salah
satu cara buat jahatin org but jg bisa dipake buat kebaekan.
Gampangnya itu chaoren bisa dipake sarana buat buang sial getu lho.
Yg laennya ya invoke Zi Gu &#32043;&#22993; aje sono dah huahahahahahaha yg
paling
simple dan umum dipake org2 aje gak ada dibukunya Ong.

Ya ini aje secuil gw tulisin, terserah yg laen dah nilainya gimana.
sorry neh aye jd ngeguruin seorg penulis terkenal Ong Hean Tatt yg
nulis Simbolisme Hewan Cina yg jg ngawur isinya , kata gw seh ngawur.
Gak tau kata org laen.

BTW gw sape ya kok sok2an mengkritik Ong Hean Tatt?

--- In budaya_tionghua@ yahoogroups. com, "rinabuntaran" <r...@...> wrote:

> halo!
>
> salam kenal. saya rina, editor di sebuah penerbit buku. sekarang
> sedang mengedit terjemahan buku Chinese Black Magic karya Dr Ong Hean-
> Tatt, butuh banyak info dan pembaca proof yg paham Chinese magic.
> apakah ada teman yang tertarik jadi proof reader? saya juga sedang
> cari gambar Ch'ih Yu---The First Master of Black Magic alias The
> Mountain Serpent. Apakah ada yang punya? Atau, apakah ada yang bisa
> membuatkan ilustrasinya?
>
> saya tunggu kabar baik dari teman-teman. thanks in advance!
>

> rina

Kirim email ke