From: Tantono Subagyo

Sdr Liquid Yahoo yang saya hormati,
Terimakasih, saya hanya emosi karena selalu disebut-sebut umat Kristiani
begini-begitulah dan entah apa lagi.  Padahal yang menyebut tahu bahwa yang
anti kebudayaan Tionghua tidak mendengarnya dan yang mendengarnya adalah
kami yang ingin belajar kebudayaan Tionghua.  Jadi karena menyebutnya secara
umum berarti kami juga termasuk.
Dan kawan-kawan tentunya tahu kalau yang anti itu tidak mendengar dan ada
diluar milis ini, tetapi yang terkena justru kami yang di dalam.
 cut---------->
Sebenarnya bila mau jujur kelompok Tionghoa non Kristen banyak yang ingin
menjerit dan teriak, dan itu tidak dilakukan karena itu bukan jalan keluar,
justru kita sebagai orang Kristen yang sudah sewajarnya menjelaskan bahwa
Kristen sendiri terdiri banyak sektenya, sehingga minimal selain untuk
intropeksi buat 'kita' ( bila memang sepakat ), juga menjelaskan ke member
BT yang memiliki uneg uneg bahwa tidak semua Tionghoa Kristen yang mau
melupakan budaya Tionghoa.

Dengan ada nya penjelasan seperti ini, minimal informasi akan menyebar
melalui mulut ke mulut dari members BT yang kurang memahami Kristen (
biarpun bukan millis agama, karena bersinggungan dengan budaya Tionghoa jadi
masih relevan ).

Bukan karena tempatnya untuk mengadu di millis BT, melainkan memang tidak
bisa masuk di millis Exlusif ( kena banned, kena moderasi ), sehingga uneg
uneg hanya ada di benak semata, akibat dari semua ini malah menurutku jauh
lebih menyakiti.

Ada sebuah millis dengan nama komnuitas tionghoa, isinya hinaan ke agama
Islam, dan aku masuk diterima, ketika aku menulis kena moderasi, apa yang
bisa dilakukan oleh cina semodel aku ?, padahal sudah jelas memakai nama
Tionghoa dan mengadu domba Tionghoa dengan non Tionghoa, siapa nantinya yang
menjadi korban ?, bila disebut itu bukan urusan millis BT, lha alamat mail
ku dibajak justru berawal dari millis BT ( aku pernah menulis mengenai ini,
dan tidak ada yang merespone ), aku tahu dibajak dari millis BT bisa jadi
karena tulisan di millis ini bisa di Google, berbeda bila tulisan ini tidak
masuk ke google groups.
( mohon Moderator bisa menjelaskan mengapa semua postingan di millis ini
bisa di google ? ).
Dari hal diatas, bisa dibayangkan berapa banyak pengguna Internet yang
membaca postingan di millis BT ini, dan berapa banyak yang bisa menjadi
senang dan sedih/iri.....( sayang aku bukan orang IT jadi tidak tahu berapa
banyak yang membaca postingan dari millis BT ini ), hanya dari perkiraan ku
jauh lebih banyak dari jumlah members millis BT sendiri.

Untuk ini sekali lagi mohon maaf kepada Pak Tan, bukan tujuan utamaku untuk
menjelekan Kristen karena aku sendiri Kristen, dan aku tidak mau namaku
menjadi jelek karena tulisan yang salah tulis dan sembarangan menulis.

Budaya Tionghoa di Indonesia bisa dibilang sedang bangkit, dan hal ini
secara otomatis akan ada yang suka dan tidak suka, tanpa ada penjelasan dan
menulis yang baik baik saja, bukankah aku juga menjadi tidak boleh melakukan
kritik kepada kelompok Tionghoa yang ber tindak 'menurutku' terlalu over
dosis ?

sur.

Kirim email ke