Maaf sedikit diluar konteks.
Sebenarnya di millis lain, saring serang agama Kristen dan Islam jauh lebih
kasar dan vulgar, itu aku tidak peduli......
Dan sialnya yang Kristen dengan tulisan kasar penuh hujatan ke agama Islam
justru memakai nama Tionghoa, mulai dari Tionghoa Indonesia, sampai semodel
nickname Fei Fei Fairy......
Yang manakah yang lebih berbahaya ?, siapakah yang kena getahnya ?
Jujur saja yang namanya Tionghoa Indonesia dan Fei Fei fairy cs, tinggal di
Amerika, sedang yang ketiban pulung Tenglang Indonesia.
Millis BT biar bagaimanapun akhirnya akan masuk ke ranah agama, bila di
millis agama khusus dengan 'iman' yang sama menjelekan budaya ( karena tidak
bisa lagi membedakan budaya dan agama ), siapa yang harus bisa menjelaskan
hal ini ?, bila ada members baru yang masuk  dan menjelaskan bahwa
tulisannya keliru, maka di banned/moderasi, bagian menguntungkan di lolos
kan, bagian untuk intropeksi dianggap menjelekan maka tidak lolos moderasi,
siapa yang egois ?.
Aku membaca bahwa members di millis BT termasuk dewasa, bila membaca tanpa
emosi tentunya bisa berfikir bahwa bila ada sebuah dua tulisan yang isinya
dianggap ngawur bisa di diskusi kan kenapa kenapa nya, dan.........sayangnya
hal ini sulit terjadi.
Aku sudah terbiasa membaca dan menulis di beragam jenis millis, sehingga
secara tidak sadar pola pikir pun minimal bisa memahami apa yang sebenarnya
diinginkan dari seorang penulis di millis.
Semisal kang Sunny ( maaf Bro, anda kenal aku, dan aku kenal anda biarpun
hanya di dunia maya ), masuk millis ini tujuannya ingin menimba informasi,
dan sekali sekali mengirim berita dengan tujuan mencari tahu kebenarannya
dari members, bila tidak ada yang membalas yah wissss.
Demikian juga aku menjadi members BT dengan tujuan minimal mengingat masa
kecil yang masih mengalami budaya Tionghoa sebelum kena breidel.
So....selama membaca dengan kepala dingin segala sesuatu akan menjadi lebih
jelas persoalannya.......semoga.

sur.