From: Rifky <rifky.seti...@yahoo.com>
To: budaya_tionghua@yahoogroups.com
Sent: Thursday, February 26, 2009 6:24:21 PM
Subject: Re: [budaya_tionghua] Re: Ada yang sudah baca majalah "Campus Asia"
edisi/nomor 8 Volume 2 February 2009

Sebagai orang media, yang saya tahu media tetap memiliki batasan dan ukuran
bagaimana sebuah lelucon. Kalau memang itu lelucon,
seharusnya dirubrikasikan ke dalam rubrik lelucon. Indikator berikutnya,
lelucon itu tidak boleh menyinggung persoalan SARA. So, kalau saya baca
ceritanya, itu bukan lelucon.
Itu sebuah penulisan yang konyol dan tidak mengacu pada cover both side,
sebagai salah satu prinsip dalam jurnalistik. Artinya hanya penulisan dan opini
sepihak.

Bagaimana dengan Hak Jawab? Pedomannya, HAK JAWAB adalah hak seseorang,
sekelompok orang, organisasi ataubadan hukum untuk menanggapi dan menyanggah
pemberitaan atau karyajurnalistik yang melanggar Kode Etik Jurnalistik,
terutama kekeliruan danketidakakuratan fakta, yang merugikan nama baiknya
kepada pers yang
memublikasikan.Hak Jawab harus berasaskan keadilan, kepentingan umum,
proporsionalitas, danprofesionalitas.Dan, pers wajib melayani setiap Hak Jawab.

Karena opini tersebut merupakan opini sepihak, dan ketidakakuratan fakta itu
merupakan KESENGAJAAN (karena memang opini sepihak, sengaja membuat opini
tertentu), menurut saya, tidak tepat kalau berada dalam konteks HAK JAWAB.
Mereka HARUS meminta maaf kepada warga Tionghoa atas penghinaan itu. Layangkan
surat protes, mereka harus menerbitkan permohonan maaf.

Tentu menjadi tidak dewasa jika mind frame kita justeru harus terjebak dalam
balas-balasan. Karena, konteksnya bukan soal polemik, tapi ini soal artikel
yang dibumbui opini penulis. Mohon maaf, dalam konsep jurnalistik kami di
JURNAL BOGOR, kami mengacu pada JURNALISME POSITIF, artinya setiap kasus harus
diniatkan dulu untuk
membangun sesuatu. Jika itu kritik, maka berita itu harus mampu membangun. Jika
itu opini, tentu harus membukakan mata agar orang tahu pada kesalahannya, tanpa
ia harus merasa sakit.

Memang, sangat disayangkan media yang begitu kuat aksesnya pada warga Tionghoa,
justeru melakukan hal tersebut. Padahal, berbagai kendala sering kami (JURNAL
BOGOR) hadapi dalam upaya menjalin persahabatan dengan warga Tionghoa di Bogor,
yang belum tentu dengan mudah menerima niat baik untuk menceritakan kebudayaan
atau berbagi pengetahuannya. . Tapi, itu bukan berarti bahwa media harus dengan
seenak perut menyampaikan sesuatu. Saat ada kritik yang disampaikan terhadap
kami, kami wajib menanggapi ralat atau kritik tersebut. Tidak hanya bagi warga
Tionghoa, bagi masyarakat Islam yang sangat fanatis pun pernah kami tanggapi.
Karena, prinsipnya: media itu milik publik.

Mohon maaf jika kurang berkenan.

Salam persahabatan
Rifky Setiadi - JURNAL BOGOR