ehem gini ko, saya seh ambil dari pemikiran Li Shen 李ç"³ yg memerinci kenapa
Ru bisa jadi jiao terutama jaman Han. Emang seh dalam pemikiran Li Shen waktu
awal2 dapet tentangan berat dari Ma Xisha 马西沙 but akhirnya Ma jg terima
pandangan Li itu.

Ya ngkale karena bertaon2 or beratus2 taon kita kena konsep "agama" nurut
kacamata barat ya makanya terkadang bingung apa yg dimaksud jiao itu.

Prinsipnya sederhana seh, kalu ada penghormatan kepada para roh, bisa dianggep
jiao.

Nah Kong Zi dan Meng Zi waktu awalnya tidak menekankan hal2 seperti itu walau
dalam kitab2nya terutama Li Ji yg dikompilasi Kong Zi itu ngebahas masalah
ritual.
Dong Zhongshu è`£ä»²èˆ' yg membuat suatu tatanan baru yg mengartikan or membuat
konsep jia menjadi jiao.

Seperti yg saya pernah nulis, konsep jia lebih kearah implementasi pemikiran2
para filsuf utk masalah kenegaraan or jg bagaimana menata konsep masyarakat yg
tertib.
Mo Zi menambahkan pentingnya kontrol sosial masyrakat pake mahluk2 yg bisa
disebut shen ame gui.
Selain hal itu , Dong jg mengusulkan mengusung Ru Shu å„'术 atau ilmu Ru dan
membabat aliran2 jia lainnya dgn mendirikan xuexiao 学校 utk para calon
pejabat.
Disitulah nurut Li Shen awal kelahiran Ru Jiao.

Getu lho, bener apa gaknya ya mbuh.

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, zho...@... wrote:

> Ru dikukuhkan sbg falsafah negara, posisinya adalah sbg Xue, bukan Jiao.
> buktinya, meski tetap memegang Ru sbg dasar negara, di masa2 tertentu
> kerajaan masih bisa mengulurkan tangan kpd agama Budha. Bahkan pernah resmi
> mengangkatnya sbg agama negara!
>
> Zfy
>
> Sent from my BlackBerry®
> powered by Sinyal Kuat INDOSAT