--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "ardian_c" <ardia...@...> wrote:

> huehehehehehehehehe jelas2 adalar usulan KHC jadi santo, wong dalem sejarah
> persantoan aje banyak dewa2 gak jelas jadi santo, tuh st.Nicholaus yg dibikin
> cerita ngarang2 soal die, padahal khan dewa org eropa aslinye.
> Kwee Lak Kwa kek Tan Tek Siu kek dewa kek santo kek tetep yg ngangkat itu
> oranglar. Itu faktanya.

#benar orang mudah sekali membuat dewa, apalagi tionghoa2 yg kurang diberi
penjelasan, justru itu lihatlah vatikan yg belakangan ini susah sekali
mengabulkan santo/santa baru contohnya Mother Theresa dr Calcuta, mereka begitu
hati2 dan tdk cepat2 mengingat dulu banyak dewa2 yg gak jelas jd santo, beda dg
tionghoa di jawa(tdk semuanya lho) di semarang jangkar palsu kapalnya Cheng Ho
pun dipuja, hebatnya simbok2 dan bapak2 orang jawa ikut memuja terutama pas
jumat kliwon
tetapi saya tdk bisa menyalahkan krn mungkin mereka pernah dpt mujizat.

> hmmmm rasanya yg namanya bongpai itu dimana2 pasti ada dan itu culturenya.
> bule aje kalu mampus pake bongpai !!!!
> kalu sapi nginjek2 berak segala macem ya wajarlar, namanya jg sapi, yg gak
> wajar itu kalu ORANG yg injek2 bongpai, berak dibongpai org. Itu namanya
> orang yg gak punya tata krama.

#tdk usah jauh2 ke orang bule, orang2 tionghoa yg ngetop spt Deng Xiao Ping pun
minta diperabukan tdk perlu bongpai, jd bongpai bukanlah mutlak perlu, bgmn dg
korban WTC yg jadi abu, juga astronout yg meledak di pesawat Columbia. kan
lebih penting memoirnya.

> Yg ente liat khan sekilas en lantas mikir buat apa begini begitu huehehe ya
> udah kalu begitu yg mampus jg buat apa diperabukan ?
# saya bukan mikir buat apa begini begitu, tp yg sy mikir solusi terbaik buat
tionghoa2 yg miskin, kan tdk semua orang tionghoa berduit, bahkan saya rasa yg
miskin jauh lebih banyak.

> buang aja mayatnya kelaut aja. buat apa bikin ritual macem2 ?
# jangan dong bung Ardian, masak tionghoa miskin suruh mayat ortunya dibuang
kelaut kayak bangkai kucing saja, ritual sederhana ok, ngak usah yg macem2,
orang komunis saja pakai ritual walaupun cuma nyanyi lagu Internationale.

> So tetep manusia perlu simbol khan heheheheehe dan simbolnya macem2.
#betul sekali bung Ardian, simbol tetap perlu,tp menurut saya ya tdk usah ber
lebih2an.

> wong namanya cengbeng itu sebenernya hari membersihkan kuburan termasuk
> kuburan yg tidak terurus, terawat, yg tidak lu kenal.
#setahu saya dulunya hari  xao mu & qing ming itu berbeda baru oleh raja
dinasti apa saya lupa digabung jadi hari yg sama.
 sojah wushu,
 Koay Hiap.