--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "ardian_c" <ardia...@...> wrote:

> wekekekkeke taon 60an aja dah mulai ada gerakan back to nature, jauh sebelon
> diketahui langit bocor ozonnya.
> itu gara2 mrk para hippies yg tertarik kepada budaya dan filsafat timur yg
> berbau india, tiongkok dsbnya.
> Coba baca dialog Daisaku Ikeda ama Arnold Toynbee or jg tulisan Carl Rogers
> tentang Tho Thi Anh.
###Ya kalau hippies sih tdk mempersoalkan ilmiah atau tdk, namanya saja
generasi bunga, ganja segala juga mereka coba.
ngomong2 Daisaku Ikeda itu apakah yg Nichiren Shoshu itu ya?

> oh getu ya, rasanya mbok2 jarang ke kyai jangkarlar, banyaknya ke Grajen
> minta obat ama Hian Tian Siang Tee
### kalau yg saya amati sih yg ke grajen memang cari obat, beda kalau yg ke
gedong batu kebanyakan cari pelarisan dagangannya,terutama jumat kliwon, bisa
kayak pawai dg masing2 menggengam segepok hioshoa yg sudah di nyalakan
ujungnya.

> soesah batasen percaya ama gak percaya reinkarnasi itu, contohnya Ruist gak
> percaya reinkarnasi, tapi mrk bisa disebut polytheisme jg khan.
### wah kalau yg ini saya tidak tahu, mungkin orang MATAKIN yang bisa jawab.
yg saya pernah tahu, almarhum BUYA HAMKA itu suhunya Yusuf Hamka, pernah
mengatakan Bahwa Tao yg disebut2 Laotze itu sebetulnya ya ALLAH SWT nya orang
Islam.
tapi itu semua menurut saya hanyalah penafsiran, apalagi kalau sudah menyangkut
JIA atau JIAO, debateblelah.

> org itu terkadang suka ngeliat masalah itu dari satu sudut fakta sejarah tapi
> terkadang iman jg memegang peranan.
> Contoh mantan mentor gw yg jelas2 TAOIST en waktu gw sindirin soal Taishang
> Laojun yg gak exist dalem sejarah, die bilang kalu bicara sejarah pasti
> disangkal keberadaannya, tapi die sebagai taoist, imannya bilang itu exist.
### bukannya taishang laojun itu sama saja dengan LaoTze yg pernah hidup
sejaman KhongHuCu dijaman menjelang tegaknya dinasti Qin?

> lha Mo Zi itu menggagas masalah perdewaan bukan masalah perekonomian, kalu
> mau menggagas masalah perekonomian ya ntar gw tarik Jia Yi ama Lu Jia gimane ?
### yang terang Qing(ManChu), Sun Yat Sen, Chiang Kai Sek, bahkan Mao,kurang
berhasil dibidang perekonomian, entah mereka menggunakan Jia Yi & Lu Jia apa
tidak?

> BTW swipoa tetep dipake tuh biar ada calculator huehehehe malah sekarang ada
> metode ape ya yg menggunakan swipoa imajiner.
> Pernah liat perlombaan swipoa di Taiwan gak &#65311; Liat noh ngadu ama
> kalkulator jg bisa hueheheheheheh
###pernah saya lihat di tv, itu memang bagus metodenya,juga metode2 belakangan
yg lumayan banyak, seperti Sakamoto, Sakata dll, tapi kalau bicara pakai alat
masak kita tdk tertarik, misal: calculator, computer, bahkan robot?

> Napa mesti pusing urusan columbia ? memangnya meledak melulu ya itu pesawat
> ulang alik ?
### bukan musingin bung, cuma nanya masak nggak boleh.
> Toh tetep dibuat memoirnya dgn caranya mereka sendiri khan , ya kalu chinese
> khan bongpai huehehehehehe
> BTW ada satu tokoh yg kuburannya 2 ama bongpainya 2 tuh. Namanya Guan Gong.
### nah, itulah keunikan orang Tionghoa zaman dulu, kalau seperti Vietnam zaman
sekarang saya rasa ya tdk dibuat tuh yg kena korban napalm.
Tapi sekali lagi saya akui ada kesalahan pengertian saya tentang bongpai dg
memoir.

> BACA sekali lage YAYASAN KEMATIAN bung bukan yayasan org idup, btw org miskin
> jg belon tentu ada duit buat kremasi khan !!!!
> buset dahhhhhhhhhhhhhhh
### baik dikremasi maupun di kubur memang tetap perlu biaya, yg terang buat
orang tionghoa miskin jangan harap ada jaminan dari pemerintah RI bakal tdk
kena bongkar suatu waktu, apalagi tata kota di indonesia begitu semrawut.Dulu
Diponegoro pernah berontak gara2 kuburan leluhurnya di bongkar pemerintah
belanda. Saya sendiri pernah mengalami terpaksa memindah kuburan ibu saya ke
kota lain, gara2 kena gusur pendirian kampus Universitas Negri, masak saya
harus berontak kayak mbah Dipo.

> masalah hak asasi itu mesti memikirkan satu point lagi yg jg ente lupain
> khan, jadi itu hak asasi mereka yg mo berlebihan or not khan , so kenapa ente
> protes hehehehehehehehe eh salah bukan protes tapi urun rembug ya
###benar yg mau berlebihan juga punya hak, namun sebaiknya ya lihat situasi dan
kondisi lingkungan,tdk perlu lah sampai mblolok i mata orang2 jawa/sunda/batak
dll, dikawatirkan kalau ada kecemburuan sosial
kan akhirnya korbannya orang2 tionghoa miskin yg paling ngerasain, ingat
peristiwa mei, office building para konglo di jl. Sudirman, Jl Thamrin, tenang2
saja, bagaimana dengan nasib tionghoa2 yg di pinggiran kan menderita.

sojah wushu,
Koay Hiap.

Kirim email ke