--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "kwaih...@..." <kwaih...@...> wrote:

> ## bagaimana dengan Tan Tek Siu?

Tan Tek Siu itu seorg Taoist di Ungaran yg bertapa disana, jadi sebutan
Xian/sien/sian gak salah kalu ngeliat kepercayaannya beliau dan jg pola
latiannya yg berbau aliran Zheng Yi.
Istilah xian itu gak pas diartiin dewa dalam khazanah bahasa indonesia,
tepatnya manusia abadi or immortals
Nah para Xian yg ada itu kayak pat sian gak dapet gelar xian dari kerajaan tapi
dari para umat Taoist itu sendiri.

> ## ya bule krn dasarnya ilmiah, setelah ngukur ozon dll, barulah sadar.

wekekekkeke taon 60an aja dah mulai ada gerakan back to nature, jauh sebelon
diketahui langit bocor ozonnya.
itu gara2 mrk para hippies yg tertarik kepada budaya dan filsafat timur yg
berbau india, tiongkok dsbnya.
Coba baca dialog Daisaku Ikeda ama Arnold Toynbee or jg tulisan Carl Rogers
tentang Tho Thi Anh.

> ## mbok2 itu ibu2 jawa yg tdk muda lagi

oh getu ya, rasanya mbok2 jarang ke kyai jangkarlar, banyaknya ke Grajen minta
obat ama Hian Tian Siang Tee

> ##tapi batasan mono atau poly itu saya rasa cukup kabur, sy lebih condong dg
> batasan yg percaya reinkarnasi atau yg tdk percaya reinkarnasi.

soesah batasen percaya ama gak percaya reinkarnasi itu, contohnya Ruist gak
percaya reinkarnasi, tapi mrk bisa disebut polytheisme jg khan.

> ## sy tdk mengatakan  salah, bodoh atau tahayul kan itu hak azasi

> ## tdk dipusingin bung, tapi disitu terlihat peranan mujizat sangat relevan

peran mujizat relevan but ada satu faktor lage di Tiongkok, masalah sikap dan
sifat "dewa" selama hidup. Misalnya Guan Gong tuh.

> ## benar sekali pendirianmu, krn begitu membuat sedih si mama disitulah
> muncul tdk HAUW

org itu terkadang suka ngeliat masalah itu dari satu sudut fakta sejarah tapi
terkadang iman jg memegang peranan.
Contoh mantan mentor gw yg jelas2 TAOIST en waktu gw sindirin soal Taishang
Laojun yg gak exist dalem sejarah, die bilang kalu bicara sejarah pasti
disangkal keberadaannya, tapi die sebagai taoist, imannya bilang itu exist.
So mentor gw jadi gak fanatik abis2an soal dewa dewi jg bisa ngeliat dgn
proporsi yg netral. Coba liat masalah cengbeng2an yg terkait ama spiritual dan
budaya, berapa banyak yg nyinyir tapi gak netral ?

> ##pemimpin2 RRT malah awal banting stirnya mengunakan pikiran org yahudi lho,
> Karl Mark itukan yahudi, dan nyatanya rombongan generasi berikutnya menikmati
> sukses dg modifikasi2nya.
> ya zamankan berubah ada calculator masak tetap suruh pakai suipoa.

lha Mo Zi itu menggagas masalah perdewaan bukan masalah perekonomian, kalu mau
menggagas masalah perekonomian ya ntar gw tarik Jia Yi ama Lu Jia gimane ?
BTW swipoa tetep dipake tuh biar ada calculator huehehehe malah sekarang ada
metode ape ya yg menggunakan swipoa imajiner.
Pernah liat perlombaan swipoa di Taiwan gak &#65311; Liat noh ngadu ama
kalkulator jg bisa huehehehehehehe.

> ## saya mungkin keliru pengertiannya bongpai dg memoir, bayangan saya memoir
> itu spt patung pak Dirman di JL. Jend.Sudirman.
> mengenai napalm, columbia yg meledak, justru itu yg ingin saya tanyakan.

Ya elah bongpai itu khan memoir jg khan, ini nama yg meninggal , asal kampung
dimana, siapa saja anak2 dan keturunannya, pasangan hidupnya segala macem.

Napa mesti pusing urusan columbia ? memangnya meledak melulu ya itu pesawat
ulang alik ?
Toh tetep dibuat memoirnya dgn caranya mereka sendiri khan , ya kalu chinese
khan bongpai huehehehehehe
BTW ada satu tokoh yg kuburannya 2 ama bongpainya 2 tuh. Namanya Guan Gong.

> ## ngak apa2 bung kan keluarga kaya, kalau yg klas sedang2 ya cukup dilarung
> kelaut seperti almarhum David NTU (kalau sy tdk salah dengar)

nah akhirnya yg miskin kek yg kaya kek ada HAKNYA utk membuat suatu upacara
khan !!!!
Apa disitu kemewahan or berlebihannya ?

> ##ini sih ok2 saja, tapi apa tdk lebih baik spt yayasan Tse shi(mungkin salah
> tulis), nyumbang tanahnya utk orng miskin yg masih hidup dibikinkan rumah
> susun lagi.

BACA sekali lage YAYASAN KEMATIAN bung bukan yayasan org idup, btw org miskin
jg belon tentu ada duit buat kremasi khan !!!!
buset dahhhhhhhhhhhhhhh

> ##saya tdk memaksakan hrs diperabukan, cuma salah satu alternatif saja. kalau
> di Ciampea itu kubur lebih murah ya silahkan

nah jadi bukan masalah perabukan atau gimana tapi dari kemampuan ekonomi sama
biayanya khan !!!!!

> # bukan menjudge bung, kan sekedar urun rembug.

hehehehehe iyalah urun rembug

> # berlebihan atau tdk memang relatif, yg terang kalau kita coba mengkolek
> pendapat orng RRT yg sebagian besar cuek thd agama, ya pasti mereka akan
> bilang berlebihan, tetapi sekali lagi ini HAK AZASI bung.

masalah hak asasi itu mesti memikirkan satu point lagi yg jg ente lupain khan,
jadi itu hak asasi mereka yg mo berlebihan or not khan , so kenapa ente protes
hehehehehehehehe eh salah bukan protes tapi urun rembug ya

> sojah wushu,
> Koay Hiap.

Kirim email ke