gini oom kwai, kenapa tenglang banyak dewanya ya hehehehehe, sekarang itung aja
org2 yg berjasa memberikan kontribusi positif bagi masyarakat, bermoral baik,
bersikap baik,berbakti kepada negara dsbnya di kalangan tenglang.

Kita itung aja dari 1000 BCE, mulai dari Jiang ZiYa, Huang Feihu, Wen Zhong,
Zhang Fude, trus tarik ke Han Xin, Zhang Liang, Zhuge Liang, Guan Gong, Yue
Fei, Lin Mo Niang, dstnya ampe pegel tangan gw kalu mo didaftarin.
Itu dah berapa rebu org ?

en rata2 yg kasih gelar dan pengesahan itu kerajaan setelah mendapat masukan
dari para pejabat setempat dan digodok di Li Bu Shang Shu , kementrian ritual.

But ada jg dewa2 yg gak pernah exist tapi tetep diijinkan oleh kerajaan tapi
gak dapet penganugrahan dari kerajaan, kayak Giam Lo Ong, Niutou mamian, hei
wuchang bai wuchang, wu yingjiang dsbnya.

Bagi kerajaan konsep penganugrahan itu perlu dan mutlak utk kontrol sosial
masyarakat dgn memberikan tokoh panutan dan nasib buruk kalu gak bisa idup
benar. Malah yg paling menyolok itu kasus Qin Kui yg patungnya ada tapi buat
diludahin melulu. Istilahnya kalu idup bener mati jadi dewa tapi kalu idup gak
bener mati jadi setan.
Itu sesuai dengan pemikiran Mo Zi dan jg Kong Zi dalam hal ini adalah cara atau
suatu sistem kontrol sosial masyarakat dan jg mendorong masyarakat berbuat
kebajikan serta menjauhi perbuatan buruk.

Seandainya RRT masih mengadopsi sistem kerajaan, itu yg namanya Zhu De , Zhou
En Lai dsbnya pasti dapet gelar huehehehehehehehe

Dan gak semua tokoh or "dewa" bisa mendapat penganugrahan dari kerajaan.
Misalnya Hu Xian alias dewa rubah yg dari jaman Ming dah ngetop dan banyak
dimintain ama rakyat jelata, GAK BAKALAN dikasih anugrah, Wu Tong jg sama gak
bakalan dapet kepretan anugrah, malah bisa2 disegel itu tempatnya.
Tapi yg namanya Zi Gu alias dewi WC tetep dibolehkan oleh kerajaan.
WHY ??????????????

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "kwaih...@..." <kwaih...@...> wrote:

> #benar orang mudah sekali membuat dewa, apalagi tionghoa2 yg kurang diberi
> penjelasan, justru itu lihatlah vatikan yg belakangan ini susah sekali
> mengabulkan santo/santa baru contohnya Mother Theresa dr Calcuta, mereka
> begitu hati2 dan tdk cepat2 mengingat dulu banyak dewa2 yg gak jelas jd
> santo, beda dg tionghoa di jawa(tdk semuanya lho) di semarang jangkar palsu
> kapalnya Cheng Ho pun dipuja, hebatnya simbok2 dan bapak2 orang jawa ikut
> memuja terutama pas jumat kliwon
> tetapi saya tdk bisa menyalahkan krn mungkin mereka pernah dpt mujizat.

Kirim email ke