seinget aye yuanhenglizhen itu ada di yijing bagian Qian Gua. Buat sebagian org
kitab yijing adalah kitab filsafat tapi ada banyak peneliti yg beranggapan
bahwa itu adalah kitab 卜卦 pugua alias kitab utk melihat /mencari solusi thp
suatu masalah alias kitab peramalan.

BTW istilah Huang Tian itu dipakai jaman dinasti Han yg dipopulerkan oleh
Dongzhongshu

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "hoey_hin" <hoey_...@...> wrote:

> Sejauh pengetahuan saya dalam ajaran Ru Jiao, Tuhan sering disebut dg
> 皇天 (Huang Tian) atau 天(Tian). Konsep Tuhan seperti disebut
> dalam kitab2 RuJiao, tidak dapat diperkirakan dan ditetapkan, dilihat
> tiada nampak, didengar tiada terdengar, namun tiap wujud tiada yang
> tanpa Dia. Ru Jiao mengenal Tian melalui sifat-sifat Nya yaitu :
> (Yuan) Maha Besar, Maha Mula & Maha Sempurna;
> (Heng) Maha Menembusi & Maha Menjalin ;
> (Li) Maha Pemberkah, Menjadikan orang menuai buah perbuatan;
> (Zhen) Maha Benar & Maha Abadi Hukum-hukumnya.
> [...]

Kirim email ke