----- Original Message -----
From: zho...@yahoo.com
To: budaya_tionghua@yahoogroups.com
Sent: Wednesday, October 07, 2009 5:13 PM
Subject: Re: [budaya_tionghua] Re: Mengapa Kata 'Cina' Tidak Pantas Digunakan?

> Dulu saat memulihkan hubungan dng indonesia,
> posisi RRT belum sekuat sekarang,
> singapore saja belum menjalin hubungan diplomatik!

- - - - - - - - - - - - - - - - -

Tentu saja waktu itu RRT belum sekuat sekarang.
Tetapi semua orang juga bisa melihat RRT akan menjadi super power ekonomi.
Karena itu RI yang ekonominya sedang menurun, berada pada pihak yang lebih
butuh pemulihan hubungan daripada pihak RRT.
Maka itu pihak RI yang lebih dahulu mengutus delegasi 'sowan' ke RRT.
Dan itu pula sebabnya delegasi resmi yang dikirim memakai 'baju'/'bungkus'
Kadin.

Kita ingat ketika USA mulai membuka hubungan dengan RRT, 'bungkus'/'baju'
delegasinya adalah olahraga pingpong. Bukan delegasi dagang.
Karena kepentingan USA tentu berbeda dengan RI yang butuh hubungan dagang
dengan RRT, sedangkan USA lebih perlu hubungan politik dalam konstelasi
geoplitik USA-RRT-USSR ketika itu.

Singapura waktu itu belum menjalin hubungan diplomatik dengan RRT secara resmi,
karena situasi dan kondisinya jauh berbeda dengan Indonesia.
Dalam prakteknya hubungan ekonomi sesama orang cina di Singapore dan di
Tiongkok tidak pernah surut, selalu tinggi intensitasnya.
Jadi tidak ada kebutuhan untuk buru-buru membuka hubungan diplomatik.

Bahkan ketika RRT mulai menggeliat sebagai naga ekonomi regional, Singapore
sebagai sesama cina, waktu itu sempat melihatnya sebagai saingan dalam
penguasaan bisnisnya dengan Indonesia, Malaysia, Filipina dan Thailand. Ini
juga membuat Singapore tidak buru-buru dalam membuka hubungan diplomatik dengan
RRT.

Wasalam.