Saran saya Kalau mau dalami kebudayaan tionghoa mulai lah dari sisi
religiusnya. Karena Budaya tidak terlepas dari agama / kepercayaan, apalagi
budaya china sangat saran dengan kepercayaan / agama.

From: beng mazmuri <beng...@yahoo.com>
Date: Thu, 22 Oct 2009 05:23:36
To: <budaya_tionghua@yahoogroups.com>
Subject: Re: [budaya_tionghua] Re: Story of A Q, kisah Don Quixote versi C(h)ina

    Salam...

   Maaf, argumen sdr jackson tidak tepat, saya rasa sudah ada brapa tulisan2
pendapat yang menerangkan latar belakang sejarah, kebudayaan , sosial atau
situasi saat itu berkenaan dng istilah yang diributkan. Saya yakin , istilah
Tiongkok . Tionghoa tidak akan hilang atau diganti dengan istilah lain, ( dlm
hal koneksitas , konstektual ,konsep pengertian di Indonesia) Kalau kita
mengerti konteks sejarah dan masalah2 yang menjadi latar belakang pemakaian
nama2 tersebut , tidak ada yg perlu diributkan , dan seharusnya kita menjadi
lebih mengerti dan sepaham , kata atau istilah mana yg tepat dan cocok untk hal
tertentu, misalnya : made in China ( dan ngak usahlah kata China itu dikasih
tanda kurung ( Cina ). dan kata mana yg tepat untk memberikan rasa hormat ,
santun dan bangga akan akar asal muasal kebudayaan dan jati diri kita. Saya
melihat tidak ada pemaksaan dalam tulisan2 di milis ini, cuma ada beberapa
orang yang melemparkan argumentasi yang sifatnya
 umum dan kita sudah tahu kalau istilah yg diperdebatkan itu mempunyai dua sisi
pandangan yang berbeda, karena lingkup dan konstektual atau kebiasaan tempat
pemakaian istilah itu berbeda pengertian, karena salah kaprah atau ketidak
tahuan . ( misalnya kata cabo, cabolang; atau cungkok yang dikonotasikan
negatif untk hanya segelintir orang , kelompok tertentu ). Saya hanya tertawa ,
ktk melihat perdebatan2 itu , semua ada benarnya. Justru saya mau mengikuti
milis "budaya tionghoa " karena saya ingin belajar dan ingin lebih tahu
mengenai banyak hal tentang kebudayaan Tionghoa, sejarah dan kebudayaannya ,
terutama yg menyangkut atau ada kaitannya dengan keturunan Tionghoa di
Indonesia. ( karena kita pernah mengalami masa pembekuan , diskriminatif ),
jadi ada benarnya kalau banyak generasi keturunan tionghoa sekarang yang kurang
mengetahui sejarah dan kebudayaan akar jati dirinya . Harapan saya , milis
"budaya tionghoa" dapat menjadi wadah untuk sharing,
 bertukar pikiran , kegiatan2 , untuk kita2 warga keturunan atau siapapun yang
tertarik dengan kebudayaan Tionghoa di Indonesia . Tidak bisa dihindari kalau
terjadi polemik, perdebatan dllnya , karena itu dinamikanya berkehidupan. Toh ,
kita akan tahu siapa yang cuma iseng , atau mau provokasi ( karena mau tahu
intelektualitas seseorang ..? ).

                                                               salam hormat,
                                                               beng mazmuri.

note; ( terlahir dng nama tan kiat beng, pada thn 1967,, aneh tapi nyata ganti
nama jadi musa mazmuri, dan seandainya tahun itu saya sudah mengerti hak saya
sebagai "manusia" sesuai hukum "human right" ( international dan berlaku umum
), saya tidak akan pernah mau untuk mengganti nama saya, karna nama itu adalah
akar identitas jati diri saya,, saya lebih senang seperti " Yap Thiam Hien atau
Kwik Kian Gie atau Soe Hok Gie ..........dan ketika kesadaran itu datang,sampai
saat ini saya memakai nama panggilan "beng dng embel2 mazmuri, bahkan untk
business card saya, 'beng mazmuri'. ( maaf, ini adalah masalah sentimentil
pribadi saya sendiri , bukan untk diperdebatkan,,,ah..ah...atau ntar katanya
'pemaksaan ) . Sekali lagi, salam hormat......