Saya agak bingung dengan pendapat dibawah.

Disebutkan bahwa 'klenteng tak pernah dominan mempengaruhi arus pemikiran
masyarakat. Yang berpengaruh besar adalah confucianisme, taoisma dan zen
buddhisme'
Maksudnya seperti apa ?

Klenteng toch adalah bangunan, yang memang tidak mempengaruhi pemikiran. Yang
mempengaruhi memang aliran filsafat/agama yang berkembang di dalamnya (seperti
yang anda sebutkan : confucianisme, taoisme dan budhisme).

Apakah terminologi 'klenteng' dalam pendapat tersebut punya makna lain ?

Mungkin juga bisa dijelaskan lebih lanjut apa saja yang termasuk dalam tradisi
besar dan tradisi kecil. Apakah confucianisme, taoisme dan budhisme termasuk
dalam tradisi besar ?

Untuk bung Jackson,
Budaya cina/tionghoa tentu dipengaruhi juga oleh kepercayaan/agama/ -isme yang
berkembang dalam masyarakatnya, sama halnya dengan yang terjadi pada kelompok
masyarakat lain. Tidak ada yang satu lebih sarat dibanding yang lain, bukan ?

Prom

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, zho...@... wrote:

> Dlm setiap budaya ada tradisi besar dan tradisi kecil. Dlm budaya Tionghoa,
> tradisi besarnya justru jauh dari aroma agama. Dlm budaya tionghoa, Klenteng2
> hanyalah ikut mewarnai kehidupan, tapi tak pernah dominan mempengaruhi arus
> pemikiran masyarakat. Yg berpengaruh besar tetap confucianisme, taoisme dan
> zen budhaisme. Ini sangat berbeda misalnya dng pengaruh agama hindu thd pola
> pikir masyarakat india, atau pengaruh agama Islam thd masyarakat Iran.
>
> Sent from my BlackBerry®
> powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Kirim email ke