Ach, maksudnya demikian rupanya.

Ya, saya sepakat memang ada tradisi besar dan tradisi kecil yang berpengaruh
dalam kehidupan masyarakat tionghoa. Masing-masing dengan perubahan dan tingkat
pengaruhnya sendiri.

Saya lihat benang merahnya dengan pendapat sdr Jackson. Saya kira yang dimaksud
agama/kepercayaan yang mempengaruhi budaya tionghoa, adalah terkait dengan
tradisi besar yang disebutkan oleh ZFy.

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, zho...@... wrote:

> "Klenteng" di sini merujuk pada agama tradisi masyarakat Tionghoa yg
> ritualnya dijalankan di dlm klenteng.
>
> Confucianisme, taoisme, maupun Zen Budhaisme adalah pemikiran filsafat
> mandiri, penyebarannya sama sekali tak bersandar pada klenteng. Justru
> klenteng yg mengadopsi ajaran mereka, dng modifikasi sana sini, utk
> disesuaikan dng kondisi lokal.
>

> Sent from my BlackBerry®
> powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Kirim email ke