Semua yang terlibat, bukan hanya pelaku/tersangka, KPK boleh sadap, sepanjang
isi rekaman dapat membawa si pelaku ke muka pengadilan.

Pernah dalam kasus ruilslag suatu patal, si pelaku terekam bicara dengan
selingkuhannya akan membelikan rumah mewah yang pasti di luar kemampuan gaji
normalnya. Maka si selingkuhan disadap secara berkelanjutan. Kemudian dari isi
rekaman hasil penyadapan itu terbuktikan bahwa uang di luar kemampuan gaji si
pelaku itu didapat dari tindak korupsi dalam kasus ruilslag ybs.

Kasus Susno dan Bank Century pun mirip itu. Semua yang bicara dengan pihak
Century tentang kasus ybs. akan disadap untuk diikuti perkembangannya. Mereka
itu bisa terlibat tindak pidananya, bisa pula tidak. Kalau ada indikasi
terlibat, akan disadap terus.
Ini yang bikin polisi marah, karena orang ke-3 di jajaran polisi ternyata
disadap terus. Karena memand ada indikasi terlibat..

KPK itu kewenangannya besar sekali, extra-ordinary, karena korupsi itu
extraordinary crime yang memerlukan adanya super body tersebut.
Dalam negara normal, tidak perlu ada KPK karena kepolisian dan kejaksaan
berfungsi normal.
Selama di Indonesia jaksa dan polisi belum normal, kita harus menerima adanya
KPK, danmenerima risiko dimikinya olewh KPK wewenang yang mungkin kelihatan
seperti berkelebihan.
Karena itu pimpinan KPK dipilih rakyat (melalui wakil mereka di DPR). Bukan
ditunjuk Presiden seperti. Kepala Polisi dan Jaksa Agung. Kalau polisi atau
jaksa berbuat salah, yang tanggung-jawab Presiden. Kalau KPK berbuat salah,
yang tanggung-jawab kita semua.

Wasalam.