Hai, Ko Phoeng. Apa kabar? Sudah makan minum? Sudah tidur? Sudah
segala-galanya? Yang penting sudah dapet Cuan hari ini??
Sorry baru buka milis BT hari ini neh, jadi telat ngebalesnya.
Senang sekali kalo Ko Phoeng mau jadi pemandu buat kita. Jadi konform
semuanya ya? Soal tempat Ko Phoeng yang lebih berpengalaman yang nentuin
aja! Waktunya kapan? Seminggu setelah Sin Cia? Tempat di mana? Jakarta
or Bogor?
Hai, TTM lainnya, koh Budiman, Jackson Yahya, Agoeng, Ulyse, King Hian
(dan siapa lagi yang pernah nyatakan mau ikutan??) bgmana pendapatnya??
Tolong direspon donk, ini mumpung Ko Phoeng siap jadi pemandu kita!!

Salam,

Erik
------------------------------------------------------------------------\
--------------------------------------
--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "Ophoeng" <opho...@...> wrote:

Bung Budi Anto, Bung Erik dan TTM semuah, Hai, apakabar? Sudah makan?
Hehehe..... sorry, baru buka website milis lagi nih.
Bener kata Bung Anto, saya gak ambil hati soal itu. Cuma karena
penasaran ajah ama cerita soal boss yang semena-mena mau batalin order
cuma gara-gara sapaan ramah anak buah pemasoknya, maka saya ikut
nimbrung cerita panjang lebar.
  Buat saya mah, sepanjang kita punya niat dan itikad baik, ndak usah
digubris reaksi orang bagaimana pun. Kita berbuat sebaik yang kita bisa,
selanjutnya terserah sesiapa saja yang mau menilainya. Ya ndak?
Juga setuju banget kalau lantas bisa dilanjut makan-makan bareng, bagus
lagi kalau Bung Erik mau jadi sponsor traktir kita semua ya?
  Tapi, tentu saja ada baiknya kalau kita makan bareng-nya going Dutch
aka bayar masing-masing ajah dong. Bung Erik sudah berniat baik mau
ngumpulin temen-temen semua, tentu saja mesti disambut dengan baik,
dengan kedua tangan terbuka, jadi beban berat sama dipikul, kalau ringan
ya sama dijinjing ajah.
Kapan mau makan bareng-nya? Nah, ini yang jadi penyakit metropolitan
Jakarta. Susah ngatur dan cocokin waktu untuk ketemu. Kalau cuma
satu-dua orang saja mungkin gampang, tapi kalau sudah massal tentu agak
susah.
Mengenai tempatnya, kalau dipilih waktunya sekitaran Imlek, mungkin kita
bisa pilih menu ala Tionghua. Ini pun bisa kita pilih mau yang 'otentik'
atau 'baba' aka nonya - sudah terpengaruh gaya Belanda.
  Beberapa alternatip yang jadul bisa saya ajukan di sini:
  (1) RM Trio - Gondangdia Lama (nonya jadul), masakan Tionghua -
Belanda, tidak banyak lelemakan. Ruang makan ada sekitar 7 meja untuk
menampung sekitar 30-40 orang. Ada 45 menu spesial, semuanya enak.
Favorit orang-2: lunpia udang ala Trio, huzaren sla.
  (2) RM tan Goei (sudah ganti nama, apa lupa) di Menteng. Favorit: Steak
Lidah Sapi.
  (3) RM Paramount - Gondangdia Lama, masih kerabat RM Trio, menu hampir
sama, dengan tempat lebih luas, ber-ac.
  (4) RM Tjahaja Kota - KH Wakhid Hasyim, masakan Tionghua, lebih besar
dari RM Trio, agak lebih kecil dari Paramount.
  (5) RM Eka Ria (Jit Lok Jun) - KH Zainul Arifin, masakan Tionghua, bisa
menampung ratusan tamu, bisa pilih set menu 'makan meja'. Favorit:
Haywong Hisit. - Lupa lagi, dah lama gak ke sana.
  (6) RM Angke - KH Zainul Arifin, masakan Tionghua, bisa menampung
ratusan tamu, bisa pilih set menu 'makan meja'. Favorit: Ayam Garem,
Lindung Cah Fumak.
Kalau mau yang lebih baru, ada beberapa:
(7) RM New Happy (atau Happy), Muara karang, ndak yakin apakah bisa
minta set menu 'makan meja'. Menu favorit: ayam timah, ching du baikut.
  (8) RM Yung Kwang (Lestari), Hayam Wuruk, ndak yakin apakah bisa minta
set menu 'makan meja'. Menu favorit: sup gurame.
  (9) RM Hawaii, Sunter. Hampir semuanya enak-enak. Ada sup pie oh, tumis
paku, ikan jelawat.
  (10) RM Panggang Ayam Malang (mana ada ayam 'senang' kalau dipanggang
ya?), Pinangsia atau Mangga Dua, bisa pesan babi menyusui diguling,
menunya terbatas panggang ayam, panggang bebek dan babi. Sup-nya juga
cuma satu macam saja yang favorit.
  Ada satu yang katanya enak-enak, saya belum pernah coba, lokasinya di
Jalan Asemka, dekat Bank Mandiri(?) itu.
  Itu semua di Jakarta. Yang harganya masih bisa dianggap moderate. Kalau
mau yang fancy, tentu anda semua lebih tahu dari saya. Ada banyak muncul
resto baru yang adu menu aneh-aneh, seperti lidah bebek yang cuma
dijadikan appetizer ajah sudah berharga seratusan ribu. Kalau yang fancy
mahal-mahal gitu, saya mah cuma bisa icip-icip kalau pas diundang makan
ajah sih. Hehehe......
  Di Gajah Mada, dekat BCA, dulu ada resto aliran Sze-cuan, sederhana,
makanan-nya juga enak. Ndak tahu apakah masih ada atau tidak. Di Senen
ada juga resto Tionghua yang sederhana sekali, ala rumahan. Tapi
tempatnya kecil sekali.
Kalau di Bogor, saya ndak tahu sama sekali. Yang saya tahu dulu ada Tan
Ek Tjoan(?) yang resto-nya sudah direnovasi jadi bisa dipakai untuk
resepsi pesta perkawinan.
Kawasan BSD, jarang yang buka spesial masakan Tionghua dengan babi. Dulu
ada Siaw A Tjiap, tapi sudah gantung handuk balik kanan. Ora payu (gak
laku) kayaknya, sebab mereka buka ketika BSD masih sepi (sekitar
2003-an). Kalau mau ya paling Rico, itu pun kayaknya sudah berbeda
masakannya ama yang di Kebayuran Lama.
  Kalau mau bakmi babai dan nasi campur, ada 2 alternatip di Pasmo BSD,
Akay dan Bebe. Sama-sama bakmi buatan sendiri, tanpa MSG, dengan babai
yang berbeda. Akay panggangan, Bebe masak kecap (Babi Hong, Baikut
panggang kecap). Dua-duanya enak, dengan aliran berbeda.
Kalau bener jadi mau makan bareng, usul saya sih pakai yang bergaya set
menu 'malan meja', jadi setiap meja (10 orang) bisa mendapat makanan
yang sama, bisa pilih mau makannya apa ajah, semuanya bisa sama, dan
jelas besaran biayanya dibagi masing-masing berapa.
Eh, tapi jangan minta saya untuk jadi koordinator untuk pendaftarannya
ya, mending yang lain ajah. Suka kelupaan kalau saya yang mesti mencatat
sih. Saya tetap bisa bantu kontak resto-nya, asal jelas jumlah orang
yang mau makannya. Mesti konfirm dulu. Jangan sudah dipesan, lalu pada
batal, 'kan koordinator-nya nanti yang ketempuhan, mesti nombokin
biayanya.
Eh, sorry, kalau ada yang tahu resto lain dan mau usulkan, ya sila
diajukan ya. Begitu banyak resto lama dan baru, tentu saya ndak akan
tahu semuanya dong.
  Begitulah saja saya kira.

  Salam makan enak dan sehat,