From: Erik <rsn...@yahoo.com>
To: budaya_tionghua@yahoogroups.com
Sent: Tue, March 2, 2010 7:22:38 PM
Subject: [budaya_tionghua] Re: Imlek Agama atau Budaya?

Masalahnya adalah : Apakah Naga (Long/Liong) sama dengan Dragon?
Sejauh yang pernah saya tahu, Long/Liong adalah totem yang diagungkan
masyarakat Tionghoa, sedangkan Dragon adalah binatang perlambang kejahatan dan
setan dalam agama Nasrani. Keduanya berasal dan berakar dari tradisi dan budaya
yang sama sekali berbeda.
Lantas, mengapa tiba-tiba bangsa barat (terutama para pekerja misionaris)
menterjemahkan dan menyamakan Long/Liong dengan Dragon yang merupakan simbol
kejahatan dan setan dalam agama Nasrani??  Itu yang harus kita kritisi,
bukannya ikut-ikutan latah mengatakan bahwa "Dalam Legenda Agama Kristen Naga
Terlanjur Dikaitkan dengan Kejahtan"!!!
Salam,

Erik
In budaya_tionghua@yahoogroups.com, zho...@... wrote:

Untuk simbol yg lain mungkin ok, tapi khusus utk naga mungkin ada hambatan.
Karena dlm legenda agama kristen naga terlanjur dikaitkan dng kejahatan. Meski
bentuk naganya tdk persis sama, naga barat bersayap sedangkan naga tiongkok tdk
dan badannya lebih panjang.

> Ada teman bikin undangan nikah, calon istrinya yg khatolik minta gambar naga
> dihilangkan, diganti sepasang burung hong.
>
> Sent from my BlackBerry®
> powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Kirim email ke