> Ya, setuju sch.id sebisa mungkin dipertahankan gratis.
> Kalau bisa or.id juga gratis, karena banyak ilmu pengetahuan di or.id

Kalau gratis, bagaimana proses renewal tahunannya? Renewal tahunan tetap
harus berjalan, biar tidak mengulang sejarah lagi, yg membuat banyak domain
yang "tidur panjang".

Jadi, sebaiknya dibuat proses renewal untuk domain gratis. Apa cukup dengan
mengirimkan email saja ke alamat tertentu? Atau dengan mekanisme lain?

Saya sih tetap tidak setuju dengan gratis2an. Kan bisa dibuat "sangat
murah", misalnya hanya 1 dolar per tahun (untuk menutup biaya IANA). Masa
bayar 10 ribu per tahun juga ngga bisa? Atau ngga mau?

Tapi kalau memang ccTLD memutuskan untuk gratis, ya silahkan. Tapi harap
diperhatikan mekanisme renewal tahunannya.

- irving
http://www.irvingevajoan.com

Kirim email ke