----- Original Message -----
From: "Irving Hutagalung" <[EMAIL PROTECTED]>

> Kalau gratis, bagaimana proses renewal tahunannya? Renewal tahunan tetap
> harus berjalan, biar tidak mengulang sejarah lagi, yg membuat banyak
> domain
> yang "tidur panjang".
>
> Jadi, sebaiknya dibuat proses renewal untuk domain gratis. Apa cukup
> dengan
> mengirimkan email saja ke alamat tertentu? Atau dengan mekanisme lain?

Oh iya, mekanisme renewal ini yg perlu dipikirkan untuk melacak bahwa suatu
domain itu masih exist atau tidak.
Kalau misalnya domain sch.id (dan atau or.id) itu tetap diberikan gratis,
mekanismenya bisa seperti ini [EMAIL PROTECTED] mengirimkan email setahun
sekali ke kontak admin dan
kontak teknis domain ybs sebagai konfirmasi domain tsb mau di renewal atau
tidak.
Lalu email tersebut berisi petunjuk untuk klik URL di bawah ini
http://bla.bla.bla untuk cukup REPLY email tsb sebagai konfirmasi untuk
RENEWAL domain tsb.

Jadi GRATIS-nya berjalan tapi proses RENEWAL-nya juga tetap berjalan
sehingga dapat mencegah domain-domain yg "tidur panjang" itu tadi.

Kalau saya, karena pernah terjun langsung ke sekolah, dan pernah merasakan
bagaimana sedihnya mengakses internet dari sekolah. Sementara siswa2 nya
sangat antusias pengen tau ini dan itu.

> Saya sih tetap tidak setuju dengan gratis2an. Kan bisa dibuat "sangat
> murah", misalnya hanya 1 dolar per tahun (untuk menutup biaya IANA). Masa
> bayar 10 ribu per tahun juga ngga bisa? Atau ngga mau?

Ya itu tadi seperti di usulkan Pak Budi mungkin ada subsidi silang.
Mungkin ccTLD bisa mengeluarkan rumusan itung-itungannya kalau mau di bahas
disini.

> Tapi kalau memang ccTLD memutuskan untuk gratis, ya silahkan. Tapi harap
> diperhatikan mekanisme renewal tahunannya.

Yups, dari masukan-masukan yang ada, mudah-mudahan ccTLD bisa mengambil
keputusan
yg tidak memberatkan sekolah.

salam,
-BAT-