Pak, agar supaya user domain .id dapat atau boleh berdemo pula ke DPR menyoal soal Internet, apa tidak lebih baik segera dibentuk saja organisasi pemakai domain .id. dan internetnya.

Walau aku hanya user warnet, aku masih ingat ketika akan berdemo di depan pabrik dulu. Yaitu harus memiliki ijin berdemo dari kepolisian. Ijin itu hanya diberikan kepada organisasi nyata, bukan organisasi hayal. Barangkali kalau peserta demo membakar mobil orang, maka polisi dapat menagih kepada alamat organisasi yang jelas.

Bukan hanya itu, pada saat minta ijin keramaian pesta 17 an, akupun diminta kejelasan organisasi panitianya.

Sebagai orang awam, yang hanya memiliki kartu penduduk, aku berkesimpulan bahwa dengan jelas organisasinya, itu berkorelasi dengan kas organisasi, bukan kas pribadi.

Kejelasan organisasi tidak akan menyulitkan pemberi ijin pada saat menulis kuitansi pembuatan surat ijinnya, ataupun pada waktu menerima pembayaran surat ijinnya.

Bukan hanya itu pula, ketika organisasi akan menyewa sound sistem, maka pihak penyewa tidak akan kerepotan menagihnya karena jelas alamat organisasinya. Kalau alatnya rusak jelas kepada siapa dia akan meminta tanggungjawabnya.

Organisasi.... sebuah kata yang terlalu sering kudengar sejak di bangku sekolah dasar sampai es em a, dan itu agak membosankan buatku. Agak berkesan bertele tele, tetapi kalau semua permainan umumnya sudah begitu.... apalah daya ... kata seorang filsuf dan barangkali kalau tak ada organisasi, nurani orang orang sudah tak dapat melihat kebenaran.

Salam,
mt

On Fri, 19 Aug 2005 09:41:44 +0700