> gini2)
> males,
> organisasi ini sebetulnya bisa banyak manfaat,
gimana cara bubarin nya?)
> yang turun tangan (emang kominfo mau turun tangan
gitu?)

Andaikan saya di posisi pak Budi, saya pilih B dan G
(usir APJII jauh2 dari komunitas internet).
Pertama, tuduhan penggelapan duit pendaftaran, sampai
sekarang belum terbukti (ato emank dlm proses???).

Kedua, ccTLD ini dibangun oleh komunitas internet
terutama ICANN, dimana ICANN ini adl organisasi
NIRLABA.

Ketiga, kepanjangan dari APJII adl Asosiasi Pengusaha
Jasa Internet Indonesia. Jelas klo ada kata2
"Pengusaha", tentunya cari untung terus kan?? Apakah
komunitas internet mau jika apa yg mereka bangun dng
susah payah, direbut seenaknya oleh org laen (apalagi
oleh pemerintah), dng embel2 Pasal 33 UUD'45??
Inget, Internet itu masih barang mahal, cuma
"segelintir" org dari sekian ratus juta penduduk
Indonesia yg pake internet, jadi ga cocok klo dibilang
itu adl "aset negara krn menguasai hajat hidup org
banyak".
Intermezzo dikit, saya baca sebuah buku terbitan
gramedia-kompas, klo ga salah judulnya BBM apa gitu,
disana disebutkan klo aset yg dikelola BPPN itu
"kecil" nilainya klo dibagiin scr merata ke seluruh
penduduk Indonesia. Tp sangat besar sekali jika
dibagiin ke segelintir org2.
Nah, bapak2 disini bisa bayangkan sendiri deh dari
intermezzo diatas, klo hal itu terjadi atas
pengelolaan .ID.

Keempat, spt usul rekan2 sebelumnya, fight back, sue
APJII !!! kasih gugatan "class action" ke semua member
APJII (jgn ke pak TAP aja, krn saya yakin ntar dia
berkelit "saya hanya menjalankan tugas kedinasan koq.
Gugat aja APJII." ) agar ikut merasakan dampak yg tak
pernah mereka pikirkan sebelumnya.

Kelima, dng adanya surat APJII ke pak Budi yg berisi
teguran dan ancaman, itu sebenarnya sudah melebihi
ambang batas kewajaran pada umumnya. Jangan karena ini
di bulan puasa, maka pak Budi menahan diri untk tidak
menyikapi surat tsb. Jangan karena adanya anggapan
"hati bole panas tp kepala musti dingin", maka pak
Budi tetep bersikap cool.