Original Sender : Ryo Saeba <[EMAIL PROTECTED]>
---------------------------------


At 07:35 AM 7/22/99 +0700, t_irawan wrote:

>Tentu saja suatu hal yg berbeda juga harus diperlakukan secara berbeda pula
>Tetapi bila seseorang ingin mempelajari sesuatu / membeli sesuatu , dsb ...
>bukannya kita juga perlu untuk membandingkan dgn yg lainnya / yg sudah
>pernah
>kita ketahui agar kita tahu kalau sesuatu yg baru itu lebih baik shg tidak
>malah menjadi kemunduran dan bukan kemajuan ...

Betul. Tadinya kita bisa main solitaire pake Windows, sekarang pakai Linux 
sebagai user maen game pun tidak boleh, jelas itu merupakan suatu 
kemunduran besar.

> > Jadi kadang ada yang nggak ketemu solusinya di Linux karena memakai 
> konsep yang
> > dipelajarinya di Windows (misal konsep mount/unmount di Linux yang sama 
> sekali
>
>Kalau kita dapat menyelesaikan masalah kita di Windows tetapi hal tsb tidak
>dapat dilakukakan di Linux bukankah hal tsb merupakan suatu kemunduran !

Benar. Contoh sudah saya sebut di atas. Tadinya user bisa gampang terganggu 
perhatiannya karena ada attachment yang isinya worm atau virus, kemudian 
setelah pakai Linux mereka tidak bisa kena virus / worm lagi, alangkah 
besar kemundurannya.

>Kecuali Linux punya cara lain yg seharusnya sama atau lebih baik dalam men-
>yelesaikan problem kita tsb.
>Kalau saya nggak salah ingat, saya pernah baca disalah satu milis yg
>memper-
>tanyakan kenapa di Linux harus melakukan proses Mount & Unmount untuk mem-
>baca suatu disket ... bayangkan bila harus nge-dir 10 disket ... bukannya
>ini merupakan suatu pemborosan waktu dan cukup menjengkelkan juga atau ada
>penjelasan yg cukup logis untuk situasi ini ?
>Jadi menurut saya masalah Mount atau Unmount sebenarnya nggak masalah asal
>memang punya nilai lebih.

Jelas punya nilai lebih, jika orang itu segitu bodohnya tidak melakukan 
kataloging apa isi disketnya, sehingga jam kerjanya dihabiskan hanya untuk 
mencari-cari file dalam sebuah drive system yang sangat lambat. Dan jelas 
merupakan kemunduran di Linux karena sistem mount/unmount itu memang untuk 
sekuriti. Lihat saja implementasinya di Mac, mereka juga menganut paham 
mount/unmount kok, kalau tidak ada disk di disk drive, ya nggak bakalan ada 
itu icon drive A:, tapi di Windows dengan ajaib menyatakan bahwa ada drive 
A:, yang belum tentu ada isinya.


> > nggak ada di Windows)  atau memakai konsep menghapus file orang lain 
> seenaknya
> > di Windows dan nggak bisa di Linux (konsep file ownership...)
>
>ya dalam hal ini Linux memang punya basis yg lebih kuat ke Security system
>tetapi hal itu bukan berarti di Windows tidak ada solusinya ... misalnya
>saja kita dapat menggunakan Novel yg for Windows ... walaupun hal ini tidak
>se-effisien dgn menggunakan Linux yg sudah built in ... tetapi perlu
>diingat
>juga bahwa kebutuhan setiap orang berbeda ... jadi belum tentu setiap orang
>membutuhkan security yg baik.
>Apa di Mac tidak memakai konsep menghapus file orang lain seenaknya ?

Jelas iya. Tapi apakah Mac membiarkan menghapus file di disket yang nggak 
dimasukkan ke drive? ;-)

> > Kira-kira sudah jelas maksudnya?
>
>masih belum jelas ... apa masih ada hal lain lagi ?

Intinya sih, kalo buat main2, ya pakailah Windows. Tapi kalau mau agar user 
bekerja dan tidak main2 dan tidak mengalami serangan virus/worm/barang B3, 
ya pakailah keluarga Unixes.

>ya ... saya rasa memang seharusnya begitu ... sorry soalnya saya pernah
>baca di milis lain para Linux mania menjelekkan Windows hanya dikarenakan
>kejelekan explorernya bila dibandingkan dgn yg ada di Linux ... :)

Explorer = object browser. Ini rasanya sih dari dulu sudah ada di mana2.

I want to live for love,
not to die for love - CiTyHuNTeR
----------------------------------------------------------------
Compu-Mania MailingList is provided by PT Centrin Utama
Maintained by   : [EMAIL PROTECTED]
To Post a msg   : Send mail to [EMAIL PROTECTED]
To Unsubscribe  : Mail to [EMAIL PROTECTED]
BODY : unsubscribe Compu-Mania
For more information, send mail to [EMAIL PROTECTED]
with "HELP" in the BODY of your mail (without quote).
----------------------------------------------------------------

Kirim email ke