Original Sender : t_irawan <[EMAIL PROTECTED]>
---------------------------------


Ryo Saeba wrote:
> Betul. Tadinya kita bisa main solitaire pake Windows, sekarang pakai Linux
> sebagai user maen game pun tidak boleh, jelas itu merupakan suatu
> kemunduran besar.

he he he ... untunglah saya nggak hobby main game :)
tetapi masalah kemajuan dan kemunduran tsb adalah penekanan saya untuk
mengatakan kalau kita mau belajar sesuatu ... belajarlah untuk maju dan
bukan untuk mundur ... :)
Pembicaraan saya mengenai mount/unmount adalah dimaksudkan untuk menan-
yakan kepada para pengguna Linux apakah hal tsb bukan merupakan suatu
kemunduran ? ... Kalau bukan ya ... jawab saja dgn argumentasi agar 
saya dapat mengerti mengenai kebaikan konsep tsb :) 

> >Kalau kita dapat menyelesaikan masalah kita di Windows tetapi hal tsb tidak
> >dapat dilakukakan di Linux bukankah hal tsb merupakan suatu kemunduran !
> 
> Benar. Contoh sudah saya sebut di atas. Tadinya user bisa gampang terganggu
> perhatiannya karena ada attachment yang isinya worm atau virus, kemudian
> setelah pakai Linux mereka tidak bisa kena virus / worm lagi, alangkah
> besar kemundurannya.

yg saya maksud dgn kemunduran diatas adalah pada konteks permasalahan 
mount dan unmount ... bukannya pada konteks O/S secara keseluruhan atau
perlu saya perjelas bahwa setiap permasalahan diatas adalah mengenai 
system per bagian dan bukan secara keseluruhan :)
He he he ... soal virus dan kemunduran ini ... sekali lagi saya tekankan
bahwa saya membahasnya perbagian/modul ... kita lihat mana yg baik dan
mana yg kurang dari kacamata masing-masing bila salah yg mesti diberi 
penjelasan dong ... 

soal perkataan "setelah pakai Linux mereka tidak bisa kena virus / worm 
lagi" ... saya rasa kurang tepat sebab di Linux sudah ada virus ...

> Jelas punya nilai lebih, jika orang itu segitu bodohnya tidak melakukan
> kataloging apa isi disketnya, sehingga jam kerjanya dihabiskan hanya untuk
> mencari-cari file dalam sebuah drive system yang sangat lambat. Dan jelas
> merupakan kemunduran di Linux karena sistem mount/unmount itu memang untuk
> sekuriti. Lihat saja implementasinya di Mac, mereka juga menganut paham
> mount/unmount kok, kalau tidak ada disk di disk drive, ya nggak bakalan ada
> itu icon drive A:, tapi di Windows dengan ajaib menyatakan bahwa ada drive
> A:, yang belum tentu ada isinya.

he he he ... saya rasa menuduh orang yg teledor yg mungkin bisa disebabkan 
oleh banyak kasus adalah terlalu berlebihan ... bagaimanapun juga kita 
harus melihat bahwa kemungkinan itu ada dan saya sering juga melihatnya.
Terlepas dari orang tsb bodoh atau tidak ... yg penting adalah saya mau
tahu system security seperti apa ? dan apa keuntungannya ? seperti yg 
dikatakan Open Source ... he he he ... 
Saya pernah juga mencoba Mac ... seingat saya adalah bila kita masukkan
disket maka otomatis akan muncul Icon untuk disket dan bila kita hendak 
mengeluarkan kita pilih menu Eject ... bagaimanapun caranya lebih simpel
(CMIIW)

> Jelas iya. Tapi apakah Mac membiarkan menghapus file di disket yang nggak
> dimasukkan ke drive? ;-)

Mac memang nggak melakukannya tapi kalau kita lakukan di Win ... paling
hanya keluar message ... :) ... menurut saya sih ini tidak serepot proses 
mount/unmount :) 

> Intinya sih, kalo buat main2, ya pakailah Windows. Tapi kalau mau agar user
> bekerja dan tidak main2 dan tidak mengalami serangan virus/worm/barang B3,
> ya pakailah keluarga Unixes.

justru itulah salah satu masalahnya ... kebanyakan teman saya nggak berani
pindah ke Linux dikarenakan kebanyakan software yg mereka pergunakan ada 
di Windows dan nggak tahu apakah di Linux ada atau tidak. Selain itu juga
disebabkan oleh karena software yg tailor made yg mereka pergunakan di buat
untuk running under Windows :)
Mengenai virus, saya rasa hal tsb harus dikembalikan kepada masing-masing
individu untuk mengerti system kerja virus dan cara penanggulangannya :)

> Explorer = object browser. Ini rasanya sih dari dulu sudah ada di mana2.

benar sekali ... makanya saya hendak memastikan ... apakah ini yg dimaksud
dgn pola ke-windows2-an ? ... bukannya begitu pertanyaan saya pada awalnya
!

NB
masalah mount/unmount saya anggap sudah cukup jelas dari penjelasan Dedhi.

Regards,

t_irawan


----------------------------------------------------------------
Compu-Mania MailingList is provided by PT Centrin Utama
Maintained by   : [EMAIL PROTECTED]
To Post a msg   : Send mail to [EMAIL PROTECTED]
To Unsubscribe  : Mail to [EMAIL PROTECTED]
BODY : unsubscribe Compu-Mania
For more information, send mail to [EMAIL PROTECTED]
with "HELP" in the BODY of your mail (without quote).
----------------------------------------------------------------

Kirim email ke