Original Sender : "B. 'Avatar' Avianto" <[EMAIL PROTECTED]>
---------------------------------


Responding to t_irawan's mail on Thu, 22 Jul 1999:

#>"B. 'Avatar' Avianto" wrote:
#>> Sebenarnya intinya adalah masalah "memperlakukan sistem operasi yang berbeda
#>> dengan cara yang berbeda pula..."
#>
#>Tentu saja suatu hal yg berbeda juga harus diperlakukan secara berbeda pula
#>Tetapi bila seseorang ingin mempelajari sesuatu / membeli sesuatu , dsb ...
#>bukannya kita juga perlu untuk membandingkan dgn yg lainnya / yg sudah
#>pernah
#>kita ketahui agar kita tahu kalau sesuatu yg baru itu lebih baik shg tidak
#>malah menjadi kemunduran dan bukan kemajuan ... 

Yap, dan harus ada satu pemikiran yang mendasarinya adalah "Keterbukaan akan
konsep dan nilai yang baru"... 
Standar apa sih yang bisa bilang kalau kita itu mundur atau maju? Kembali ke
implementasinya ke dunia nyata lagi kan?

#>> Jadi kadang ada yang nggak ketemu solusinya di Linux karena memakai konsep yang
#>> dipelajarinya di Windows (misal konsep mount/unmount di Linux yang sama sekali
#>
#>Kalau kita dapat menyelesaikan masalah kita di Windows tetapi hal tsb tidak 
#>dapat dilakukakan di Linux bukankah hal tsb merupakan suatu kemunduran !

Ah, bisa diberikan contohnya? Mungkin anda punya masukan untuk saya yang tidak
menemukan masalah tersebut dalam pemakaian komputer saya (saya menggunakan
Windows dan Linux dan justru yang terjadi adalah kebalikannya...)

#>Kalau saya nggak salah ingat, saya pernah baca disalah satu milis yg
#>memper-
#>tanyakan kenapa di Linux harus melakukan proses Mount & Unmount untuk mem-
#>baca suatu disket ... bayangkan bila harus nge-dir 10 disket ... bukannya
#>ini merupakan suatu pemborosan waktu dan cukup menjengkelkan juga atau ada
#>penjelasan yg cukup logis untuk situasi ini ?
#>Jadi menurut saya masalah Mount atau Unmount sebenarnya nggak masalah asal
#>memang punya nilai lebih.

Hmm, mungkin anda perlu mencari referensi yang lebih banyak mengenai APA
manfaat sebenarnya dari proses mounting tsb... oh iya mengenai mounting kan
sudah ada yang namanya auto-mounting dan saya rasa disemua distribusi baru
sudah termasuk default-installation, dan untuk unmountnya ada time-outnya
setelah sekian lama tidak dipakai bisa unmount sendiri dan kalau mau dipakai
otomatis unmount sendiri... jadi sekarang masalahnya dimana?

#>> nggak ada di Windows)  atau memakai konsep menghapus file orang lain seenaknya
#>> di Windows dan nggak bisa di Linux (konsep file ownership...)
#>
#>ya dalam hal ini Linux memang punya basis yg lebih kuat ke Security system
#>tetapi hal itu bukan berarti di Windows tidak ada solusinya ... misalnya
#>saja kita dapat menggunakan Novel yg for Windows ... walaupun hal ini tidak
#>se-effisien dgn menggunakan Linux yg sudah built in ... tetapi perlu
#>diingat
#>juga bahwa kebutuhan setiap orang berbeda ... jadi belum tentu setiap orang
#>membutuhkan security yg baik.

Hmm, survei memang membuktikan bahwa 66 dari 175 perusahaan tidak terlalu
mempedulikan yang namanya sekuriti. Mungkin bukan tidak perlu, tapi memang
tidak peduli, nah ini termasuk salah satu aliran pola pikir Windows yang lebih
mengutamakan pada kemudahan pemakaian daripada keamanan data... =(
Oh iya, Novel for Windows? anda punya masukan lebih untuk saya? Saya nggak ngeh
soal ini nih... =)

#>Apa di Mac tidak memakai konsep menghapus file orang lain seenaknya ?

Sama aja, nah ini karena pada awalnya memang Mac TIDAK didesain sebagai sistem
multiuser, komputer2 Mac yang tua susah bener hanya untuk koneksi LAN... 

#>> Kira-kira sudah jelas maksudnya?
#>
#>masih belum jelas ... apa masih ada hal lain lagi ?

Mau nanya apa lagi nih?... =)))

#>> Bukan, itu adalah pola umum... Windows Explorer ngambilnya dari Mac dan juga
#>> diadaptasi oleh OS/2, BeOS dan lain-lain...
#>> Windows Explorer kan sebenarnya nggak beda dengan Norton Commander hanya
#>> tampilannya grafis? Jadi itu adalah konsep lama yang diadaptasi oleh Windows
#>> dan TIDAK menciptakan pola pikir baru (yang keWindows2an)...
#>
#>ya ... saya rasa memang seharusnya begitu ... sorry soalnya saya pernah
#>baca di milis lain para Linux mania menjelekkan Windows hanya dikarenakan
#>kejelekan explorernya bila dibandingkan dgn yg ada di Linux ... :)

Well, itulah gunanya "cool mind" dan "open mind" dalam berdiskusi... seperti
saya bilang mau menerima pemikiran baru dan tidak memandang curiga/pesimis pada
pendapat ataupun produk lain yang memang belum kita kenal/familiar... =)

--
Wassalam,
B. 'Avatar' Avianto
[EMAIL PROTECTED] - http://www.avianto.com
-------------------------------------------
Nothing will come of nothing, speak again -- King Lear
----------------------------------------------------------------
Compu-Mania MailingList is provided by PT Centrin Utama
Maintained by   : [EMAIL PROTECTED]
To Post a msg   : Send mail to [EMAIL PROTECTED]
To Unsubscribe  : Mail to [EMAIL PROTECTED]
BODY : unsubscribe Compu-Mania
For more information, send mail to [EMAIL PROTECTED]
with "HELP" in the BODY of your mail (without quote).
----------------------------------------------------------------

Kirim email ke