hidup atau mati kayaknya gak perlu dipilih. karena itu sudah ada
ketentuannya. ibarat orang pergi kesuatu tempat. tempatnya sudah
jelas, mau pergi ke pasar atau ancol misalnya. begitu juga dengan
soal hidup mati. mati adalah tempat atau tujuan yang sudah jelas
akhirnya, dan hidup adalah proses perjalanan seseorang menuju
tempat/tujuan/kematian tersebut.

persoalannya apakah mau mati bahagia atau mati menderita????
klo mau mati bahagia, berarti selama proses perjalanan hidup harus
diupayakan lurus dan baik. begitu juga sebaliknya. jadi Tuhan
tinggal melihat saja, mau ke arah mana seseorang itu berjalan
sementara pilihannya sudah Dia berikan. jadi, apa yang dia lakukan
selama proses hidupnya itulah yang ia akan dapat pada akhirnya.
sesimple itu lho.

hidup penuh derita. ibarat orang pengen naik kelas mesti ngadepin
test semester dulu. penderitaan mungkin kayak saringan hidup, ibarat
nyaring atau meras kelapa parut. proses pemerasannya itu lah
penderitaan untuk menyaring diri lebih baik lagi. kaleee...

--- In curhat@yahoogroups.com, setiawati sutanto <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:

> menurut ku mati itu adalah suatu keuntungan kenapa ku bilang
begitu dikarenakan org mati tidak akan mengalami penderitaan dunia
lagi yg kejam
>   memang seh mati juga akan di itung dosa2 kita. aku rasa setiap
org pasti ada dosa tdk terkecuali, tapi sebisa mungkin makanya
selagi kita di dunia yg fana ini banyak2 berbuat baik untuk
mengurangi dosa2 kita.

>   semakin kita berbuat kebaikan kita tidak akan takut mati kapan
saja kita siap.

>   eh iya met kenal ya ampe lupa gpp kan lom telat kan  gimana
kabar mu teman
>   mogah2 dlm keadaan baik2 ya
>

> Hadiy Sutrisnu <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
>           Hidup atau mati, manakah yang akan kita pilih? Jika kita
memilih hidup maka kita akan mati karena sudah jelas bahwa sesuatu
yang hidup pasti akan mati. Jika kita memilih mati maka kita akan
hidup karena sudah jelas bahwa sesuatu yang telah mati akan
dibangkitkan kembali.

> Begitu pula dengan kebahagiaan dan penderitaan, manakah yang kita
pilih? Jika kita memilih kebahagiaan maka penderitaan yang kita
dapat. Bukan karena Tuhan tak sayang tapi dengan penderitaan maka
tahulah kita akan arti kebahagiaan.

> Baik kebahagiaan dan penderitaan memiliki masa yang sama. Tidak
ada yang lebih lama dan lebih cepat. Hanya saja dalam keadaan
bahagia kita berada dalam keadaan yang "tidak menunggu" untuk
menderita. Sedangkan penderitaan menjadi terasa panjang karena
dengan sengaja kita berada dalam keadaan yang "menunggu" untuk
bahagia.. Bukankah penantian itu adalah sesuatu yang melelahkan?

> <!-- Sebuah filosofi anak kecil yang masih belum mengerti arti
kerasnya hidup karena semua itu bergantung pada bagaimana cara
pandang kita pada hidup itu sendiri -->

> [...]
> lagi.... belum semua masalahnya di jawab and hati ku skrg lelah,
> letih, sedih bercampur aduk...... aku ngerasa kok di dunia ini
> selalu yg ada penderitaan. klu pun ada kebahagian itu hanyalah
> sementara tidak selama2nya.
>

> /*****************HADIY SUTRISNU*****************
>             Program Studi Sistem informasi
>               Fakultas Teknologi Informasi
>   Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya

>   Get your own web address for just $1.99/1st yr. We'll help.
Yahoo! Small Business.

> Get your own web address for just $1.99/1st yr. We'll help. Yahoo!
Small Business.

<*> Your email settings:
    Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to: