Dear Pak Deden,

   Pak, sewaktu anda di beri resep obat tsb, kenapa anda tidak bertanya
langsung ttg fungsi obat tsb, efek samping obat dan berapa lama penggunaannya
kepada dokter yang memberi resep ?
   Lanturol - 400 berisi d alfa tocopherol, yaitu vitamin E sebagai anti
oksidan dan juga untuk fertilitas (meningkatkan produksi sperma).
   Aprovit saya tidak temukan di buku MIMS, jadi saya tidak tahu apa
komposisinya.
Mungkin bisa di lihat langsung di kemasan obat tsb.

  Ini yang sering terjadi di dunia medis kita, di satu sisi pasien malu
bertanya, padahal itu adlah hak pasien. Sedangkan di lain sisi, sang dokter
'enggan' menjelaskan, karena berbagai penyebab (misalnya pasien diluar banyak
yang mengantri, dll).

  Di sini peran seorang dokter sebagai edukator sangat penting bagi pasiennya.
Dokter harus menyadari (saya rasa dokter sudah tahu tapi belum sadar) bahwa
pasiennya adalah orang awam dan mereka berhak tahu ttg apa penyakit mereka dan
apa obat yang harus mereka konsumsi.
Semata mata pasien bukanlah objek saja !!
Masalah pasien tsb bisa menerima penjelasan dokter atau tidak karena berbagai
hal (misal tingkat edukasi, dll) saya rasa tidak masalah.
Yang penting dokter sudah melakukan tugasnya sebagai edukator.
Peran dokter sekarang tidak hanya mendiagnosa dan mengobati pasien, tetapi juga
wajib menjelaskan kepada pasien agar terjadi komunikasi dua arah dan pasien
dapat menerima pengobatan dengan lebih terbuka (tidak dengan terpaksa meminum
suatu jenis obat saja), tetapi sadar bahwa dirinya juga berperan dalam proses
penyembuhan itu.

  Ya, ini hanya suatu sentilan bagi pasien dan dokter agar komunikasi lebih
harmonis, sehingga masalah mal praktek dapat di minimalisir.

salam,

Melyanti
0818 0868 1974