ya, saya setuju, gak hanya logis tapi juga natural...

kata 'logis' tersebut mungkin mengarah pada kaitan antara tujuan dan sarana
dalam usaha memenuhi kebutuhan.

----- Original Message ----
From: tuhantu_hantuhan <[EMAIL PROTECTED]>
To: filsafat@yahoogroups.com
Sent: Friday, September 21, 2007 9:39:44 PM
Subject: [filsafat] Re: Pekerjaan oh pekerjaan....

Hehe, punten juga ya mas... mangkanya aku bilang ½Sekedar bertanya½...

Quote: Hak milik pribadi atas alat produksi oleh pemodal menyebabkan
keterasingan bagi pekerja. Dan kepasifan pemodal atas hak milik pribadi-nya
namun mendapatkan hasil, itu sumber keterasingan dia dari hakikatnya. End of
quote.

Tuhantu: Akh, itukan kata si Marx ajah... Emangnya dia bisa tahu hakikat semua
orang yang ada di muka bumi ini dan menyatakan hal seperti di atas itu? si Marx
dulu itu lagi ngimpi kaleee...

Quote: Hak milik pribadi menurut Marx adalah sesuatu yang tidak bisa ditolak.
Dan itu muncul secara logis. End of quote.

Tuhantu: So...???... Bukan cuman muncul secara logis ajah, tapi juga secara
NATURAL!... Dan simple ajah, kalau merasa terasing, jadi pekerja, yah jangan
jadi pekerja. Kalau memang ada yang merasa terasing akibat jadi pemilik modal
passif, belum ada tuh yang keberatan? Akh si Marx iku ada ada ajah...Hehe. ..
Akh mendingan dengar Richard Marx aja deh...

Numpang nanya lagi mas, itu Richard Marx, Karl Marx dan Karl May ada hubungan
tetangga kale, ya? Lha, kompak gitu..?

Be Fun

Tuhantu

http://hole- spirit.blogspot. com

--- In [EMAIL PROTECTED] s.com, abusurd mufakhir <[EMAIL PROTECTED] ..> wrote:

> [...]
> Sebenarnya maksud saya itu terkait dengan sumber yang menimbulkan
> keterasingan: sistem hak milik pribadi. Yang bisa menimbulkan keterasingan
> kepada kedua belah pihak, baik itu pekerja atau pemodal adalah hak milik
> pribadi (bdk. Plamenatz, Karl
> Marx Philosophy of Man 1975:148).
> Hak milik pribadi atas alat produksi oleh pemodal menyebabkan keterasingan
> bagi pekerja. Dan kepasifan pemodal atas hak milik pribadi-nya namun
> mendapatkan hasil, itu sumber keterasingan dia dari hakikatnya.
> Hak milik pribadi menurut Marx adalah sesuatu yang tidak bisa ditolak. Dan

<!--

[...]

Need a vacation? Get great deals
to amazing places on Yahoo! Travel.
http://travel.yahoo.com/