Novus Ordo ab chao
(tatanan Ordo yang tercipta dari Kekacauan)

Seharusnya kita sudah tinggalakan diskusi
tentang marx dan kapitalisme
itu hanyalah pertentangan semu belaka
hanyalah satu sisi dari sekeping uang logam yang sama

mereka berkembang dari satu akar filosofis yang sama
yakni materialisme

Bukan kah.....Yang menjadi tujuan mereka

Novus Ordo seclorum
(Tata dunia baru) yang secular...

saya mengartikannya sebuah tatanan yang jauh dari keyakinan religius
dan albert pike menyebutnya dengan
diterimanya doktrin lucifer (iblis)oleh manusia yang bingung
baca buku Z.A maulani

saya melihat idiologi2 tersebut hanyalah
untuk memecah belah bangsa-bangsa

Francis Fukuyama seorang agen...dalam (end of history)
mengatakan bahwa negara-negara eropa
saat ini hanyalah negera-negara homogen dan lemah
yang keinginan terbesarnya mewujudkan pasar bersama

ya tulisan fukuyama masih relevan untuk mewakili
apa yang terjadi dan maksud dari kedua idiologi tersebut
fukuyama dalam artikel provokatifnya
memandang clash yang terjadi antara idiologi-idiologi pada ababd 20
"ledakan kekesaran idiologis" (nazi, Komunis, pan jermania dsb)
didunia sebagai suatu proses dialektika idiologis
ia memandang dari kacamata hegel..ya pura-pura jadi hegelian

Dan sebagai hasil akhir dan sintesia dari dialektika tersebut
adalah munculnya DEMOKRASI LIBERAL sebagai pemenang
dan ini menandakan akhir dari sejarah karena
dari sudut pandang hegel sejarah hanya muncul
dari proses dialektika antara tesis dan anti tesis.
sedangkan segala bentuk idiologi kecuali demokrasi liberal
telah mengalami keletihan total dan kehilangan otot-otot konsepualnya.

Tulisan Francis fukuyama tersebut disambung oleh Tesis dari
Samuel P. Hutington
bahwa yang menjadi pokok persoalan saat ini
bukan lagi konflik antar idiologi
tapi konflik antar peradaban.....
yakni antara peradaban barat (west Civilization) dan
Peradaban islam yang tengah bangkit (Islamic Civilization)...
ya satu lagi tulisan provokatif
yang makin memberikan kejelasan akan arah dan tujuan dari
maksud-maksud penciptaan idiologi-idiologi tersebut

Silahkan baca sendiri
dua tulisan yang saling berkaitan tersebut
yakni The end of history (francis Fukuyama)
dan The clash of civilization

Yahudi dalam al-Qur'an disebut
sebagai ahli Kitab
kebiasaan ahli kitab adalah
TALBISUL HAL WAL BATHIL
mencampur antara yang benar dan yang bathil

Begitu pula dalam setiap idiologi yang
mereka kembangkan..
selalu mereka mencapur antara  kebenaran dan kebathilan
mereka selalu menciptakan perpecahan dan kerusakan

jadi walau dalam teori yang mereka kembangkan
mungkin ada nilai kebenarannya dan bisa
tapi mereka mencampur dengan kedustaan..
idiologi adalah dusta yang terbungkus rapi

sulit bagi orang awam seperti kita
untuk mengetahui dimana letak
racun yang mereka siapkan dalam
sebuah doktrin idiologis
jadi sebaiknya tinggalkan

karena meninggalkan syubhat dan keragu-raguan
adalah lebih baik

--- In filsafat@yahoogroups.com, "temon_brangti" <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:

> Kalau menurut pemilik modal bisa menjadi yang pertama maupun yang
> kedua, tergantung motivasinya. pemilik modal yang menikmati kekayaan

> dari hasil keringat orang lain bisa berhenti pada posisi orang yang
> hanya mengisi waktunya tapi juga bisa meningkat pada derajat orang
> yang memiliki visi/ cita-cita bila dengan kekayaannya itu dia bisa
> menjadi penyumbang bagi peradaban.
>
> Keterasingan seseorang dengan pekerjaannya...saya kira saya tidak
> bisa membayangkan rasa manis dari keterasingan itu walaupun artinya
> dengan terasing , kebutuhan fisiknya terpenuhi, keterasingan
> [...]

<*> Your email settings:
    Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to: