Halo MFI,

saat ini saya sedang mencari sedikit referensi tentang fase-fase bumi ketika
dilihat dari bulan. Kita semua tentu tahu bahwa sisi bulan yang menghadap bumi
selalu sisi yang itu-itu saja, sedangkan sisi yang membelakangi bumi tidak
pernah kita lihat langsung (mohon dikoreksi jika saya memiliki kesalahan konsep
disini).

Nah, sekarang pertanyaannya saya balik. Kalau misalnya kita jalan-jalan ke
bulan (jadi astronot begitu), dan melihat bumi dari bulan, apakah kita akan
melihat sisi bumi yang itu-itu saja, dan tidak pernah melihat sisi yang
membelakangi bulan? Jujur, awalnya saya berpikir mestinya kasusnya sama (dan
banyak teman saya yang juga berpikir demikian).

Ini ada video dari youtube yang cukup membuat saya bingung:
http://www.youtube.com/watch?v=-HgHEO0DUig

Saya mengerti kalau fase bulan dilihat dari bumi memang mestinya komplementer
dengan fase bumi dilihat dari bulan. Tapi kok data-data astronomi dan simulasi
di akhir video itu menunjukkan kalau bumi berotasi ketika dilihat dari bulan?
Atau jangan-jangan memang sisi bumi yang terlihat dari bulan tidak selalu sama?
Mengapa kasusnya berbeda dengan fase bulan yang terlihat dari bumi?

Mungkin ada astronom disini yang bisa menjelaskan?

Salam,
Frank

<*> Your email settings:
    Individual Email | Traditional