Dalam interaksi dua benda, fenomena kesamaan antara periode rotasi suatu
benda langit terhadap sumbunya dengan periode revolusinya mengorbit benda
yang lain disebut dengan tidal-locking:
http://en.wikipedia.org/wiki/Tidal_locking
http://www.astronomy.ohio-state.edu/~pogge/Ast161/Unit4/tides.html

Ini terjadi karena interaksi antara Bulan dengan gaya pasang dari Bumi *(tidal
forces)*. Awalnya periode rotasi Bulan lebih cepat dari sekarang namun
friksi antara Bulan dengan gaya pasang Bumi memperlambat periode rotasi ini
(Bulan menghasilkan torka yang arahnya berlawanan dengan gaya pasang Bumi)
dan akhirnya ``terkunci'' dalam kombinasi periode rotasi = periode revolusi.

Fenomena tidal-locking terjadi di berbagai kasus interaksi dua benda,
misalnya pada satelit2 planet2 lain di tata surya kita, atau pada bintang
ganda. Salah satu contoh kasus lanjut adalah interaksi planet katai Pluto
dan satelitnya, Charon. Tidak hanya Charon yang memiliki periode rotasi =
periode revolusi, Pluto juga demikian. Akibatnya, bila kita berada di
permukaan Pluto, Charon tidak hanya akan menampilkan wajah yang sama namun
juga akan berada di posisi yang sama.

Kasus *tidal-locking* ekstrim ini terjadi karena perbedaan massa antara
Pluto dan Charon tidak terlalu besar, dan juga karena jarak antara keduanya
relatif dekat. Akibatnya interaksi gravitasi antara keduanya cukup intens
dan memperpendek skala waktu sinkronisasi.

Jauh di masa depan nanti (milyaran tahun dari sekarang), hal yang sama dapat
terjadi pada sistem Bumi-Bulan. Namun perhitungan akan dipersulit karena
adanya pengaruh gravitasi dari Matahari.

2010/10/2 Eka Subyantara <eka.subyant...@widyatama.ac.id>

> Pak Frank,
>
> Pertama-tama saya ucapkan terima kasih atas pertanyaannya yang begitu
> "menggugah".
> Terus terang baru sekarang terfikir masalah yang bapak kemukakan.
>
> Ulasan saya:
> SETUJU bahwa sisi bulan yang menghadap bumi SELALU SAMA, sehingga siapapun
> orang di bumi akan melihat bulan pada sisi yang sama. Hal ini disebabkan
> ALLAH SWT Sang Maha Pencipta sudah menakdirkan bahwa periode ROTASI (waktu
> untuk mengelilingi pusat bulan sendiri) SAMA PERSIS dengan periode REVOLUSI
> [...]

Kirim email ke