From: "Hasan Sidi" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <[EMAIL PROTECTED]>
Subject: RE: [fogri] Seismic Well Ties Date: Fri, 11 Jun 2004 13:27:51 +0800

Kalau lihat judulnya, maka ada 3 komponen yang berperan, Well, Seismic, dan
penghubung keduanya (wavelet + T-D relation). Jadi kalau terjadi mismatch,
baiknya sich kita balik ke 3 komponen tsb sebelum "menyalahkan" geology yang
berbeda.

Di bawah ini bukan complete checklist, tapi sekedar stimulan untuk
menganalisa lebih lanjut bila terjadi mismatch:
*) Well: Apakah log-nya sudah optimum? Tidak ada hole condition yang
mempengaruhi pembacaan sonic dan density? Jangan sampai ada tambahan atau
pengurangan reflektor yang disebabkan rugousity. Check juga lokasi well dan
seismic, incl. projection parameter.
*) Wavelet & TD: Apakah waveletnya memiliki frekwensi dan fasa yang sepadan
dengan seismic-nya? Time-depth dari sonic memadai? Bagaimana dengan
checkshot?
*) Seismic: Konsistensi seismic dari satu well ke yang lain? AVA effect pada
far data yang mempengaruhi full-stack? Multiple? Residual NMO?

Moga-2 membantu ...

F. Hasan Sidi
Fugro-Jason Australia BV
Phone: +61 8 9420.6056