From: "Allo, Paulus T" <[EMAIL PROTECTED]>
-----
kelihatannya cara diatas rada "brutal" tapi kalau utk studi regional,
saya rasa cukup lumayan. daripada pakai modeling atau persamaan yg
aneh-aneh,
mending pakai yg simpel2 aja.

So far yang saya lakukan masih spt yang paulus tuliskan. Namun yng masih mengganjal saya seolah cara ini emang "brutal" ... abuse geological interpretation to the data. Regional emang "brutal and wild" ... tapi ini yng musti dihindari !!

Mungkin cara yg Pak Witan sarankan paling realistik .... dig the data, dig the library !
Dan kenyataannya mecari data yg mungkin sudah pernah diakuisisi saja sudah menghabiskan 40% waktu :(

Kebetulan temen kerja saya seorang Doktor Stratigrapher (Simon Stirrock), dia sangat-sangat jauh dari spekulasi, cuman rada mudah panik. Semua data mesti ada penjelasannya. Dan saya banyak belajar dari dia.
Si Stratigrapher ini mengerjakan sequence stratigraphy (SS) dari data well dan seismic seolah dua data yg independent. Ada stratal surface (candidate SB/MFS) dari sumur, Namun di seismic dia juga mendapat surface. Namun karena kejelian serta jauh dari spekulasi tadi yg sering dengan mudah beliau menemukan adanya "ketidak beresan" satu data sumur, seperti kasus sumur yang ternyata T-D curvenya diambil dari sumur terdekat yg mungkin sekali "mislead".

Yang sering menjadi masalah dalam melakukan studi SS dengan sumur dan seismic ini adalah kenyataan bahwa
- Sequence Boundari seringkali berupa event yang "strong" namun bukan berupa event yg kontinyu karena sering berupa batas erosional.
- Sedangkan Flooding Surface (FS) merupakan event kontinyu tetapi sering bukan event yg strong, karena merupakan boundary antara shale dengan shale ... :(

Salam

RDP