Saya rasa untuk memajukan pariwisata di Indonesia adalah dengan memperhatikan
hal-hal kecil, yang tidak terpikirkan oleh pemerintah daerah setempat, dimana
para turis cukup banyak berkunjung. Misalnya sewaktu di Bali untuk natal dan
tahun baru belakangan ini, ada beberapa orang asing yang pulang dari malam
tahun baru-an, terkilir kakinya, dikarenakan jalanan di daerah Kuta tidak rata,
banyak yang batunya tidak sama tinggi, dan juga jalanan banyak yang gelap. jadi
turis lokal dan asing, tidak menyangka sewaktu melangkahkan kaki jadi kesleo,
karena "un-even road".
Dimalam tahun baru, disekitar Kuta banyak jalan-jalan yang ditutup, jadi
kebanyakan para pelancong pada jalan kaki menuju ketempat pesta ataupun sewaktu
pulangnya.
Jika hal yang sekecil itu tidak diperhatikan oleh pemerintah daerah, maka
banyak orang yang datang ke Bali akan mengeluh. Infra structure sangat penting,
mestinya harus lebih diperhatikan. jalan-jalan paling tidak harus cukup terang,
jadi para pejalan kaki bisa melihat jalanan yang tidak rata. Juga merasa lebih
aman.
Bagaimana Indonesia bisa mengalahkan negara tetangga jika tidak ada perubahan
dengan sikap mental kita? Kadang-kadang orang Indonesia berpikiran dangkal,
yang terpikirkan adalah asalkan turis pada datang dan uang masuk kekocek
pemerintah daerah, maka tidak perlu selalu menjaga hal-hal yang kecil, namun
adalah suatu hal yang cukup penting.
Lihatlah trotoir di daerah Kuta, tidak rata dan sulit untuk pejalan kaki karena
sangat sempit, dan pedagang sering duduk-duduk ditrotoir, jadi tidak bisa untuk
lewat.

Ah, sedih sekali melihat sector pariwisata kita. Mudah-mudahan akan ada
perbaikan dengan hal-hal yang sekecil apapun untuk kenyamanan para turis yang
senang berjalan kaki di Bali.

Salam,
Yuli